Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Terbaru Hacker Bjorka ke Pemerintah Indonesia, "Cari Saya?"

Kompas.com - 15/09/2022, 11:23 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pada Rabu (14/9/2022), mengatakan bahwa pemerintah melalui Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri telah mengidentifikasi hacker Bjorka.

“Kami terus menyelidiki. Karena sampai sekarang ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan. Gambaran-gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua,” jelas Mahfud dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam RI Jakarta Pusat pada Rabu (14/9/2022).

Menanggapi pernyataan Menkopolhukam, Bjorka mengunggah sebuah thread baru di forum Breached.co.

Dalam thread berjudul “The Indonesian Government is Looking For Me?” (Apakah Pemerintah Indonesia Sedang Mencari Saya?), yang diunggah pada Kamis pagi (15/9/2022) ini, Bjorka mengatakan bahwa pemerintah mendapat informasi yang salah.

Baca juga: Ketika Jokowi Turun Tangan atas Ulah Hacker Bjorka…

“LOL (Laugh Out Loud/tertawa terbahak-bahak), Pemerintah Indonesia merasa telah mengidentifikasi saya berdasarkan misinformasi dari Dark Tracer (@darktracer_int), yang telah memberikan layanan palsu kepada pemerintah Indonesia,” tulis Bjorka dalam thread tersebut.

Ia juga menyinggung tentang pemberitaan yang mengatakan bahwa Bjorka adalah seorang bocah yang berasal dari Cirebon.  Dalam thread itu, Bjorka mengatakan pemerintah juga sudah salah tangkap.

"Anak ini sekarang telah ditangkap dan diinterogasi oleh pemerintah Indonesia. Untuk Dark Tracer, ini adalah kesalahan Anda karena memberi informasi yang salah," lanjut Bjorka.

Seperti yang diketahui, di media sosial sempat ramai dibicarakan bahwa Bjorka diduga merupakan remaja asal Cirebon.

Informasi tersebut diunggah oleh salah seorang pengguna Instagram dengan handle @volt_anonym.

Menurut Bjorka, akun @volt_anonym hanyalah seorang pengguna yang "ingin" bertindak layaknya hacker.

"Seorang 'hacker wannabe' juga memberi informasi yang salah di Instagram (@volt_anonym). Saya tidak pernah punya akun TikTok atau Instagram, lol," kata Bjorka.

Sebut Menkominfo akan diganti

Dalam thread yang sama, Bjorka mengeklaim bahwa Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate, akan segera diberhentikan dari jabatannya.

Baca juga: Rentetan Aksi Hacker Bjorka dalam Kasus Kebocoran Data di Indonesia Sebulan Terakhir

Bjorka sendiri mengeklaim bahwa informasi tersebut ia dapatkan dari sumber internal di lingkungan Istana.

“Saya mendapatkan informasi dari dari salah seorang teman yang bekerja di kepresidenen bahwa Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate akan segera diganti,” tulis Bjorka.

Menkominfo sendiri pada 13 September 2022, mengatakan bahwa pemerintah membentuk tim khusus (timsus) yang bakal bertugas untuk menjaga tata kelola data yang baik di Indonesia.

Kendati begitu, Johnny tidak memaparkan lebih lanjut terkait rincian kapan timsus tersebut akan. mulai ditugaskan. Ia juga belum menjelaskan soal tanggung jawab dan fungsi dari timsus yang dibentuk untuk mengatasi insiden kebocoran data.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com