Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 14 Pro Max Lebih Diminati Dibanding iPhone 13 Pro Max

Kompas.com - 15/09/2022, 14:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com- Apple resmi meluncurkan iPhone 14 series awal September lalu. Tak lama setelahnya, Apple juga membuka keran pemesanan iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max di sejumlah negara.

Kabarnya, iPhone 14 Pro Max sukses merebut hati Apple Fanboy. Menurut analis dari TF Securities, Ming-Chi Kuo, permintaan iPhone 14 Pro Max cukup tinggi, bahkan melampaui generasi sebelumnya, iPhone 13 Pro Max. Sementara permintaan iPhone 14 Pro disebut sama dengan iPhone 13 Pro.

Informasi itu diungkap Kuo dalam sebuah artikel di Medium. Data yang dianalisis Kuo didasarkan pada survey yang dilakukan pada masa waktu tunggu pengiriman iPhone 14 series di sejumlah negara utama.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Secara umum, Kuo menyebut permintaan iPhone 14 series lebih tinggi dibanding iPhone 13 series. Meskipun tinggi, Kuo mengategorikan jumlah permintaan iPhone 14 series sebagai "netral".

Kuo tidak menjelaskan alasan tingginya permintaan iPhone 14 Pro Max. Bernasib berbeda, duo model versi "ringan" yakni iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, justru disebut kurang diminati.
Bahkan, permintaan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus masih lebih rendah dibanding iPhone SE generasi 3 dan iPhone 13 mini.

Menurut laporan Kuo, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus menyumbang 45 persen dari total pengiriman iPhone 14 series.

 

"Berdasarkan data pre-order saat ini, permintaan model iPhone 14 Pro yang tinggi akan bertahan hingga akhir November," jelas Kuo dalam blog Medium.

Baca juga: iPhone 14 Pro Max, Ponsel Apple Paling Berat yang Pernah Dibuat

Hasil survey yang dilaporkan Kuo ini hampir sama dengan laporan sebelumnya. Kuo sempat melakukan survey di gerai offline di China. Hasilnya, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max diserbu para pemesan, dengan persentase 85 persen dari total pemesanan.

Sementara iPhone 14 Plus hanya menyumbang 5 persen dari total pemesanan iPhone 14 series di China.

Apabila permintaan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus lebih rendah, bukan tidak mungkin Apple akan mengurangi target pengiriman kedua model itu. Akan tetapi, Kuo juga belum mengetahui, apakah Apple akan meningkatkan jumlah pengiriman untuk model "Pro" atau tidak.

Kuo mengatakan, pengurangan kuota pemesanan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus akan mampu membantu Apple mengimbangi pertumbuhan pendapatan yang lebih baik di akhir kuartal tahun 2022 atau kuartal pertama 2023.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Dikarenakan Apple sendiri baru membuka keran pemesanan sejak 9-16 September mendatang, perusahaan masih memiliki waktu untuk memantau permintaan pasar terhadap iPhone 14 series.

Menurut hasil analisis Kuo, waktu pengiriman yang memakan waktu lebih dari empat minggu mungkin bisa meningkatkan permintaan menjadi lebih baik. Adapun pengiriman untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan dilakukan sekitar lima hingga enam minggu.

Sedangkan, untuk dua model versi “reguler” bakal langsung tersedia pada hari peluncuran, yaitu 16 September 2022 untuk iPhone 14 dan 7 Oktober 2022 untuk iPhone 14 Plus, sebagaimana dihimpun dari GSM Arena, Kamis (15/9/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com