Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Asus Zenbook 14X Space Edition Resmi di Indonesia, Harga Rp 27 Juta

Kompas.com - 15/09/2022, 16:25 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asus resmi meluncurkan laptop Zenbook 14X Space Edition (UX5401ZAS). Laptop ini hadir dalam dua model, namun secara umun spesifikasinya serupa. Perbedaannya ada di konfigurasi prosesor serta RAM yang diusung setiap modelnya.

Asus Zenbook 14X hadir dengan fitur unggulan seperti layar sekunder berpanel OLED monokrom. Layar berukuran 3,5 inci itu terletak di balik casing atas laptop. Tak hanya itu, laptop ini juga menawarkan ketangguhan dengan sertifikasi ketahanan militer AS (MIL-STD 810H).

Asus Zenbook 14X juga lolos uji ketahanan dari Space System Command (SMC-S-016A). Dengan sertifikasi tersebut, Zenbook 14X Space Edition diklaim dapat bertahan di lingkungan dengan suhu -24 derajat celcius hingga 61 derajat celcius, serta tahan terhadap guncangan ekstrem berfrekuensi 20 - 2.000 Hz.

Baca juga: Laptop Layar Lipat Asus Zenbook 17 Fold OLED Resmi Meluncur, Ini Harganya

"Zenbook Space Edition merupakan perangkat edisi spesial yang hadir untuk memperingati 25 tahun laptop pertama Asus yang berhasil sebagai perangkat pendukung di stasiun luar angkasa," kata Regional Director Asus Asia Tenggara, Jimmy Lin, dalam peluncuran Asus Zenfone 14X Space Edition di Jakarta, Kamis (15/9/2022).

"Produk ini merepresentasikan komitmen kami untuk selalu mengeksplorasi cara terbaik agar pengguna menikmati pengalaman terbaik," imbuhnya.

Spesifikasi Asus Zenbook 14X Space Edition

Laptop Zenbook 14X Space Edition Asus Indonesia Laptop Zenbook 14X Space Edition

Asus Zenfone 14X Space Edition tampil dengan layar Asus OLED 14 inci yang mendukung resolusi 4K (3480 x 2400). Layar laptop ini juga mendukung refresh rate 90 Hz, kecerahan 400 nit hingga color gamut DCI-P3 100 persen.

Selain itu, layar laptop ini juga mendukung stylus Asus Pen 2.0 dengan tingkat tekanan sampai 4.096, menyesuaikan tekanan pengguna

Baca juga: Laptop Asus TUF Gaming A15 Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 17 Jutaan

Layar luarnya juga berpanel OLED 3,5 inci, namun hanya mendukung warna monokrom. Layar ini berguna untuk menampilkan animasi seperti status baterai dan jam atau berbagai informasi pengguna seperti kontak email atau akun media sosialnya.

Informasi pada layar tersebut memang bisa diedit secara manual oleh pengguna, sehingga berbagai informasi bisa ditampilkan sesuai keinginan pengguna. Adapun tema yang ditampilkan pada layar mini tersebut disesuaikan dengan tema laptop ini, yaitu tema luar angkasa.

Tampilan layar sekunder 3,5 inci di Asus Zenfone 14X Space Edition yang terletak di cover atas.Kompas.com/Lely Maulidia Tampilan layar sekunder 3,5 inci di Asus Zenfone 14X Space Edition yang terletak di cover atas.

Pada aspek hardware, kedua model Asus Zenbook 14X Space Edition ditenagai oleh prosesor Intel Gen 12. Model pertama ditenagai Intel Core i9 yang menawarkan clockspeed hingga 5.0 GHz. Prosesor tersebut dipadukan dengan RAM LPDDR5 32 GB.

Model kedua ditopang prosesor Intel Core i7 dengan clockspeed hingga 4.7 GHz yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 16 GB.

Baca juga: Laptop Asus Vivobook Pro 15 OLED Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Penyimpanan internalnya sendiri sama-sama memiliki kapasitas 1 TB NVMe, dengan jenis memori SSD yang mendukung standar PCIe 4.0. Untuk urusan grafisnya, ditangani oleh GPU Intel Iris X Graphics.

Soal daya tahannya, Asus Zenbook 14X Space Edition ditopang baterai 63 WHrs. Asus juga menyematkan teknologi sistem pendingin IceCool yang dilengkapi dengan kipas ganda serta pipa ganda untuk menyalurkan suhu panas perangkat.

Laptop ini juga dilengkapi dengan kamera HD (720 piksel) disertai dengan shutter elektrik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com