Laptop Asus Zenbook 14X Space Edition Punya Layar Mini di Punggung, Apa Fungsinya?

Kompas.com - 15/09/2022, 19:15 WIB
Penulis Lely Maulida
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Asus resmi menghadirkan Zenbook 14X Space Edition di Indonesia pada Kamis (15/9/2022). Disebut Space Edition karena peluncuran laptop ini menandai 25 tahun laptop pertama Asus yang menjadi perangkat pendukung di stasiun luar angkasa.

Sesuai dengan namanya, laptop ini memiliki desain bernuansa luar angkasa. Salah satu fitur yang paling menarik dari laptop ini adalah hadirnya layar mini di bagian punggung laptop, atau di balik layar utama Asus Zenbook 14X Space Edition.

Layar yang disebut ZenVision itu dibekali panel OLED berukuran 3,5 inci. Namun, layar tersebut dibuat monokrom alih-alih berwarna, sehingga tampilannya seolah bernuansa luar angkasa.

Baca juga: Melihat Tampang HP Gaming Asus ROG Phone 6 yang Segera Meluncur di Indonesia

Tampilan layar ZenVision di Asus Zenbook 14X Space Edition dengan panel OLED monokrom 3,5 inciKOMPAS.com/Lely Maulida Tampilan layar ZenVision di Asus Zenbook 14X Space Edition dengan panel OLED monokrom 3,5 inci

 

Menurut Darien Theodric, PC Country Product Manager Asus Indonesia, layar ini berguna untuk menampilkan beragam informasi.

"Dengan display monokrom yang terletak di depan muka laptop, ZenVision memberikan kita kesempatan untuk berkoneksi dengan sekitar kita dan menunjukkan siapa diri kita sebenarnya," ujar Darien, dalam peluncuran Asus Zenbook 14X Space Edition di Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Ia juga menjelaskan setidaknya ada empat hal yang bisa dilakukan pengguna pada layar ZenVision, mulai dari memilih tema animasi sampai menyematkan teks yang bisa di-custom.

1. Tema animasi

Asus menyediakan beragam tema dalam format animasi yang dapat dipilih pengguna untuk menghias layar ZenVision. Temanya sendiri bernuansa luar angkasa, menyesuaikan konsep laptop Zenbook 14X Space Edition.

2. Bikin "status" layaknya medsos

Pengguna juga bisa menyematkan teks apapun sesuai keinginan. Fungsi ini semacam "status" di media sosial, yang bisa diubah oleh pengguna kapan saja melalui aplikasi MyAsus.

3. Jam dan status baterai

Layar ZenVision juga bisa menampilkan waktu serta status baterai laptop. Dengan posisi layar mini yang berada di muka laptop, pengguna bisa melihat status baterai laptop, utamanya ketika baterai hampir habis.

Dengan begitu, pengguna juga bisa bergegas mengisi daya laptop. Selain itu, informasi jam yang ditampilkan juga akan berguna bila pengguna tidak sedang berada di dekat perangkat, namun, perlu mengetahui waktu yang berjalan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.