Adobe Caplok Startup Desain Figma Senilai Rp 298 Triliun

Kompas.com - 16/09/2022, 09:15 WIB

KOMPAS.com - Setelah didului dengan berbagai rumor, Adobe akhirnya resmi mengumumkan pihaknya bakal mencaplok perusahaan rintisan (startup) desain populer Figma senilai 20 miliar dolar AS atau sekitar Rp 298 triliun (kurs Rp 14.950).

Kabar ini disampaikan dalam sebuah pengumuman yang dirilis di blog Adobe belum lama ini.

Chairman dan CEO Adobe, Shantanu Narayen mengatakan bahwa gabungan Adobe dan Figma bakal menciptakan sebuah platform desain yang bisa menunjang kreativitas hingga produktivitas para desainer di seluruh dunia.

"Kombinasi Adobe dan Figma bisa mentransformasi industri desain dan bakal membantu akselerasi visi kami untuk menggenjot aspek kreatifitas dan kolaborasi di masa depan," tutur Shantanu, dikutip KompasTekno dari Adobe.com, Jumat (16/9/2022). 

Baca juga: Adobe Rilis Creative Cloud Express, Aplikasi Template Desain Mirip Canva

Shantanu tidak mengumbar kapan proses akuisisi ini bakal rampung. Namun, Adobe rencananya bakal mengakuisisi Figma secara tunai dan pembayaran dari sejumlah porsi saham Adobe.

Ketika nanti sudah resmi dicaplok, Co-founder dan CEO Figma, Dylan Field memastikan Figma masih akan tetap beroperasi sendiri seperti biasanya. Bedanya, Dylan nantinya bakal melapor langsung ke President Adobe, David Wadhwani.

"Kami berencana untuk terus menjalankan bisnis Figma seperti cara kami selalu menjalankan Figma. Selain itu, kami juga bakal terus melakukan apa yang kami anggap terbaik untuk komunitas, budaya kerja, dan bisnis kami," ujar Dylan.

Proses akuisisi ini juga bakal membantu Figma untuk memanfaatkan keahlian Adobe di bidang yang tidak dikuasai perusahaan tersebut.

Baca juga: Adobe Uji Coba Photoshop dan Illustrator Berbasis Web

Di antaranya seperti desain 3D, video, desain vektor, dan lain sebagainya. Dengan begitu, bisnis Figma juga bakal ikutan maju.

Sekilas tentang Figma, perusahaan ini sejatinya merupakan sebuah platform desain kolaboratif yang dirintis oleh Dylan dan Evan Wallace pada 2012 lalu.

Platform tersebut kini menjadi andalan berbagai perusahaan terkenal di dunia, seperti Microsoft, dan memang berkompetisi langsung dengan beragam produk desain yang ditawarkan aplikasi desain vektor Adobe XD.

Konon, akusisi Figma ini bakal dipakai Adobe untuk mengintegrasikan platform tersebut ke satu paket Adobe Creative Suite di masa depan. Namun, hal ini belum bisa dipastikan kebenarannya. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.