Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adobe Caplok Startup Desain Figma Senilai Rp 298 Triliun

Kompas.com - 16/09/2022, 09:15 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah didului dengan berbagai rumor, Adobe akhirnya resmi mengumumkan pihaknya bakal mencaplok perusahaan rintisan (startup) desain populer Figma senilai 20 miliar dolar AS atau sekitar Rp 298 triliun (kurs Rp 14.950).

Kabar ini disampaikan dalam sebuah pengumuman yang dirilis di blog Adobe belum lama ini.

Chairman dan CEO Adobe, Shantanu Narayen mengatakan bahwa gabungan Adobe dan Figma bakal menciptakan sebuah platform desain yang bisa menunjang kreativitas hingga produktivitas para desainer di seluruh dunia.

"Kombinasi Adobe dan Figma bisa mentransformasi industri desain dan bakal membantu akselerasi visi kami untuk menggenjot aspek kreatifitas dan kolaborasi di masa depan," tutur Shantanu, dikutip KompasTekno dari Adobe.com, Jumat (16/9/2022). 

Baca juga: Adobe Rilis Creative Cloud Express, Aplikasi Template Desain Mirip Canva

Shantanu tidak mengumbar kapan proses akuisisi ini bakal rampung. Namun, Adobe rencananya bakal mengakuisisi Figma secara tunai dan pembayaran dari sejumlah porsi saham Adobe.

Ketika nanti sudah resmi dicaplok, Co-founder dan CEO Figma, Dylan Field memastikan Figma masih akan tetap beroperasi sendiri seperti biasanya. Bedanya, Dylan nantinya bakal melapor langsung ke President Adobe, David Wadhwani.

"Kami berencana untuk terus menjalankan bisnis Figma seperti cara kami selalu menjalankan Figma. Selain itu, kami juga bakal terus melakukan apa yang kami anggap terbaik untuk komunitas, budaya kerja, dan bisnis kami," ujar Dylan.

Proses akuisisi ini juga bakal membantu Figma untuk memanfaatkan keahlian Adobe di bidang yang tidak dikuasai perusahaan tersebut.

Baca juga: Adobe Uji Coba Photoshop dan Illustrator Berbasis Web

Di antaranya seperti desain 3D, video, desain vektor, dan lain sebagainya. Dengan begitu, bisnis Figma juga bakal ikutan maju.

Sekilas tentang Figma, perusahaan ini sejatinya merupakan sebuah platform desain kolaboratif yang dirintis oleh Dylan dan Evan Wallace pada 2012 lalu.

Platform tersebut kini menjadi andalan berbagai perusahaan terkenal di dunia, seperti Microsoft, dan memang berkompetisi langsung dengan beragam produk desain yang ditawarkan aplikasi desain vektor Adobe XD.

Konon, akusisi Figma ini bakal dipakai Adobe untuk mengintegrasikan platform tersebut ke satu paket Adobe Creative Suite di masa depan. Namun, hal ini belum bisa dipastikan kebenarannya. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com