Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru WhatsApp, Admin Grup WA Kini Bisa Hapus Pesan dari Anggota

Kompas.com - Diperbarui 19/09/2022, 07:54 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada fitur baru untuk pengguna WhatsApp (WA) di Indonesia khususnya admin grup. Kini, admin grup bisa menghapus pesan yang dikirim oleh anggota di dalam grup. 

Fitur bernama "Admin Delete" ini diuji coba pada awal Agustus lalu. Kehadiran fitur Admin Delete ini diklaim dapat membantu admin mengelola dan memoderasi obrolan dalam grup WhatsApp.

Pantauan KompasTekno, Jumat (16/9/2022), fitur Admin Delete sudah tersedia dan bisa digunakan. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna WhatsApp harus berperan sebagai admin dalam sebuah grup.

Selanjutnya, untuk menghapus pesan dari anggota grup lain, admin dapat menekan dan menahan balon chat yang ingin dihapus. Klik ikon "tempat sampah" yang ada di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Bulan Depan, WhatsApp Tidak Bisa Dipakai Lagi di iPhone Ini

Admin grup WhatsApp kini bisa menghapus pesan yang dikirim anggota grup.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Admin grup WhatsApp kini bisa menghapus pesan yang dikirim anggota grup.
Nantinya akan muncul tiga pilihan. Tiga pilihan ini serupa dengan opsi yang muncul saat kita ingin menghapus pesan yang kita kirim kepada orang lain.

Untuk menghapus pesan anggota dari grup, pilih opsi "Delete of Everyone/Hapus untuk semua orang".

Sebelum menghapus pesan, WhatsApp akan menampilkan pop-up yang menginformasikan bahwa seluruh anggota grup WhatsApp akan bisa melihat nama admin yang menghapus chat tersebut.

Notifikasi yang muncul saat admin grup menghapus chat yang dikirim anggota grup.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Notifikasi yang muncul saat admin grup menghapus chat yang dikirim anggota grup.

Perlu diperhatikan bahwa pesan yang sudah dihapus tidak lagi bisa dilihat di ruang obrolan grup WhatsApp.

Baca juga: Pengguna WhatsApp di Indonesia Sudah Bisa Kirim File 2 GB

Chat yang dihapus akan tampak tulisan "This message was deleted by admin (nama admin)" atau dalam bahasa Indonesia "Pesan ini dihapus oleh admin (nama admin)" seperti gambar di bawah ini. 

Anggota grup WhatsApp bisa melihat nama admin yang menghapus chat di grup.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Anggota grup WhatsApp bisa melihat nama admin yang menghapus chat di grup.
Sebaliknya, admin yang menghapus chat akan menerima notifikasi sebagai berikut: "You deleted this message as admin" atau "Anda menghapus pesan ini sebagai admin".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com