Fitur Baru WhatsApp, Admin Grup WA Kini Bisa Hapus Pesan dari Anggota

Kompas.com - Diperbarui 19/09/2022, 07:54 WIB

KOMPAS.com - Ada fitur baru untuk pengguna WhatsApp (WA) di Indonesia khususnya admin grup. Kini, admin grup bisa menghapus pesan yang dikirim oleh anggota di dalam grup. 

Fitur bernama "Admin Delete" ini diuji coba pada awal Agustus lalu. Kehadiran fitur Admin Delete ini diklaim dapat membantu admin mengelola dan memoderasi obrolan dalam grup WhatsApp.

Pantauan KompasTekno, Jumat (16/9/2022), fitur Admin Delete sudah tersedia dan bisa digunakan. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna WhatsApp harus berperan sebagai admin dalam sebuah grup.

Selanjutnya, untuk menghapus pesan dari anggota grup lain, admin dapat menekan dan menahan balon chat yang ingin dihapus. Klik ikon "tempat sampah" yang ada di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Bulan Depan, WhatsApp Tidak Bisa Dipakai Lagi di iPhone Ini

Admin grup WhatsApp kini bisa menghapus pesan yang dikirim anggota grup.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Admin grup WhatsApp kini bisa menghapus pesan yang dikirim anggota grup.
Nantinya akan muncul tiga pilihan. Tiga pilihan ini serupa dengan opsi yang muncul saat kita ingin menghapus pesan yang kita kirim kepada orang lain.

Untuk menghapus pesan anggota dari grup, pilih opsi "Delete of Everyone/Hapus untuk semua orang".

Sebelum menghapus pesan, WhatsApp akan menampilkan pop-up yang menginformasikan bahwa seluruh anggota grup WhatsApp akan bisa melihat nama admin yang menghapus chat tersebut.

Notifikasi yang muncul saat admin grup menghapus chat yang dikirim anggota grup.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Notifikasi yang muncul saat admin grup menghapus chat yang dikirim anggota grup.

Perlu diperhatikan bahwa pesan yang sudah dihapus tidak lagi bisa dilihat di ruang obrolan grup WhatsApp.

Baca juga: Pengguna WhatsApp di Indonesia Sudah Bisa Kirim File 2 GB

Chat yang dihapus akan tampak tulisan "This message was deleted by admin (nama admin)" atau dalam bahasa Indonesia "Pesan ini dihapus oleh admin (nama admin)" seperti gambar di bawah ini. 

Anggota grup WhatsApp bisa melihat nama admin yang menghapus chat di grup.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Anggota grup WhatsApp bisa melihat nama admin yang menghapus chat di grup.
Sebaliknya, admin yang menghapus chat akan menerima notifikasi sebagai berikut: "You deleted this message as admin" atau "Anda menghapus pesan ini sebagai admin".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.