4 Fitur Baru iMessage iOS 16, Termasuk Bisa Edit Pesan yang Telah Terkirim

Kompas.com - 17/09/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru untuk iPhone, iOS 16 resmi dirilis Apple sejak Senin lalu (12/9/2022), dengan membawa sejumlah fitur baru di berbagai sektor, termasuk pada aplikasi pesan instan iMessage.

Lantas, apa saja fitur baru yang hadir di iMessage iOS 16? iMessage iOS 16 setidaknya membawa empat fitur baru di iPhone, salah satunya adalah kemampuan untuk mengedit pesan yang telah terkirim.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur iMessage terbaru yang hadir lewat iOS 16, silakan simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Fitur baru iMessage iOS 16

1. Edit pesan yang terkirim

Ilustrasi edit pesan terkirim di iMessage iOS 16.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi edit pesan terkirim di iMessage iOS 16.

Lewat iMessage di iPhone iOS 16, pengguna kini bisa mengedit atau menyunting pesan yang telah terkirim. Pengeditan bisa dilakukan hingga 15 menit setelah pesan terkirim ke pengguna lain. Satu pesan bisa diedit maksimal sebanyak lima kali.

Supaya bisa edit pesan terkirim di iMessage, caranya cukup mudah. Pengguna cukup tekan chat yang telah terkirim di ruang obrolan. Setelah itu, klik opsi “Edit” dan masukkan teks baru untuk mengganti yang lama.

iMessage bakal mengirimkan pesan dengan teks baru tersebut ke pengguna lain dengan terdapat status “Diedit” yang berada tepat di bawah bubble chat. Lewat status itu, pengguna bisa melihat riwayat pengeditan pesan yang telah dilakukan.

2. Membatalkan pesan yang terkirim

Ilustrasi fitur membatalkan pesan yang terkirim di iMessage iOS 16.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi fitur membatalkan pesan yang terkirim di iMessage iOS 16.

iMessage pada iPhone iOS 16 dibekali dengan kemampuan untuk membatalkan pesan yang telah terkirim. Pembatalan bisa dilakukan hingga 2 menit setelah pesan terkirim ke pengguna lain.
Untuk membatalkan pesan yang terkirim, caranya tekan lama pada bubble chat. Setelah muncul menu pengaturan pesan, klik opsi “Undo Send” atau “Batalkan Pengiriman”.

Baca juga: 4 Fitur Baru Safari iOS 16, Termasuk Bisa Translate Website ke Bahasa Indonesia

3. Menandai pesan belum terbaca

Ilustrasi fitur menandai pesan belum terbaca di iMessage iOS 16.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi fitur menandai pesan belum terbaca di iMessage iOS 16.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.