Kompas.com - 18/09/2022, 14:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Ilmu pengetahuan memberikan dampak yang besar dalam perkembangan teknologi hingga menjadi besar dan sangat dibutuhkan pada saat ini.

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Indonesia sendiri selalu berkembang dari masa ke masa sejak dalam penjajahan Belanda.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia berawal dari masa penjajahan dimana pemerintah kolonial Belanda yang menggunakan persenjataan modern baik ringan maupun berat.

Selain persenjataan, teknologi modern yang diperkenalkan pada masyarakat Indonesia yang masih berkaitan dengan militer adalah alat transportasi.

Baca juga: 8 Teknologi Penting yang Lahir Semasa Hidup Ratu Elizabeth II

Sejarah IPTEK

Perkembangan IPTEK yang dibawa oleh bangsa barat ke tanah air membawa dampak kemajuan negara Indonesia terhadap teknologi.

Pada saat penjajahan tersebut, bangsa Indonesia melakukan berbagai pergerakan untuk menuju kemerdekaan, namun di saat bersamaan juga masyarakat Indonesia sedang mengenali ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

Adanya ilmu pengetahuan dan teknologi ini memberikan banyak sekali manfaat khususnya untuk bangsa Indonesia dalam mendapatkan informasi-informasi mengenai keadaan dunia.

Sehingga masyarakat Indonesia sangat terbantu dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada hingga saat ini.

Pada saat kolonial masuk ke Indonesia dengan membawa pengaruh-pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi itu tidak serta merta penjajah memberikan akses fasilitas-fasilitas mereka.

Baca juga: Kriteria Perusahaan Teknologi yang Wajib Daftar PSE ke Kominfo, Selain Google, Facebook, dkk

 

Sehingga warga negara Indonesia lebih susah untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Berikut merupakan hal-hal terkait dengan ketertinggalan Indonesia dalam perkembangan IPTEK;

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.