Sejarah hingga Perkembangan Google Chrome

Kompas.com - 18/09/2022, 16:03 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Web browser kini pasti ada pada setiap perangkat elektronik komunikasi seperti handphone, komputer, laptop, tablet, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan web browser memiliki peran penting dalam mengakses situs dengan cepat.

Salah satu web browser yang sangat populer dan banyak digunakan adalah Google Chrome. Google Chrome ini merupakan merupakan salah satu web browser dengan pengguna yang sangat tinggi.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Google Chrome dari segi pengertian, sejarah, perkembangan, hingga kelebihan dan kekurangannya maka artikel ini akan menjelaskannya secara singkat.

Baca juga: Banyak Celah Keamanan di Chrome, Google Sarankan Pengguna Segera Lakukan Update

Pengertian Google Chrome

Google Chrome adalah platform browser web yang dikembangkan oleh Google. Platform browser web ini pertama kali dirilis pada tahun 2008 untuk Microsoft Windows dan yang dibangun dengan komponen software gratis dari Apple Webkit dan Mozilla Firefox.

Google ingin menciptakan sesuatu yang lebih baik untuk dunia modern. Selama waktu itu, hanya ada dua browser utama yang tersedia di pasar yang memiliki pangsa pasar utama , yaitu Internet Explorer dan Firefox.

Google merilis seluruh kode sumber dari Chrome, termasuk mesin jenis JavaScript V8 sebagai sebuah proyek sumber terbuka yang berjudul Chromium pada tahun 2008.

Hal ini dikembangkan lebih luas lagi dengan melanjutkannya ke Linux dan Mac OS X platform untuk dapat mempelajari kode sumber yang mendasari.

Sejak tahun 2009, Google Chrome adalah web browser yang paling banyak digunakan dari empat web browser lainnya pada saat itu dengan data hingga 3,17% dari pengguna seluruh dunia. Pada tahun yang sama terdapat pengembangan Chrome versi Linux dan Mac OS.

Pada tahun 2021 diperkirakan bahwa Google Chrome meraih data tertinggi dalam pengguna web browser seluruh dunia hingga 66% di komputer pribadi/PC. Selain dalam perangkat pribadi atau PC, Google Chrome juga didominasi oleh pengguna seluler dan disusul dengan pengguna tablet.

Sehingga jika digabungkan akan mendapat hasil data 63,59% dari seluruh pengguna perangkat. Dengan kesuksesannya, Chrome pun meluaskan mereknya ke berbagai produk seperti Chromebook, Chromebit, Chromebox, dan sebagainya.

Baca juga: Pengertian dan Cara Membuat Bookmark di Google Chrome

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.