Berapa Usia Ideal untuk Memberi Gadget Pertama pada Anak?

Kompas.com - 19/09/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Lahir di era yang serba digital tak ayal membuat anak-anak terpapar teknologi sejak dini, bahkan sejak masih bayi. Tak heran, bila kita banyak melihat anak-anak balita yang sudah bisa memilih kartun favoritnya di YouTube.

Di tengah perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat seperti sekarang, sebenarnya kapan waktu yang ideal untuk memberikan gadget atau smartphone pertama ke anak?

Psikolog klinis dari Yayasan Cintai Diri Indonesia (Love Yourself Indonesia), Alif Aulia Masfufah berpendapat bahwa 8-10 tahun merupakan usia yang ideal bagi anak mendapatkan HP pertamanya.

"Menurut saya, usia 8,9, atau 10 tahun adalah usia ideal untuk anak-anak mendapatkan HP pertamanya. Dengan catatan, orang tua harus memiliki daftar kegiatan positif untuk mengimbangi penggunaan gadget si anak," kata Aulia ketika dihubungi oleh KompasTekno.

Baca juga: Perlukah Anak-anak Main Gadget?

Sebelum memutuskan untuk memberikan HP pertama ke anak, Aulia menyarankan agar orang tua secara aktif mengajak anak untuk menikmati dunia nyatanya alias non-virtualnya terlebih dahulu.

Salah satunya adalah mendorong anak untuk mengikuti kegiatan fisik yang menyenangkan. Misalnya seperti olahraga basket, sepak bola, balet, taekwondo, atau kegiatan fisik lainnya.

"Aktivitas fisik harus menjadi sebuah kebiasaan. Jangan melulu les yang mengasah kognitif, hal yang membuat dia fun juga harus menjadi bagian sebanyak penggunaan gadgetnya," kata Aulia.

Dengan begitu, sang anak diharapkan bakal memiliki hobi atau kegiatan lain, selain bermain gadget. Bila sudah tertarik dan menikmati dunia "nyatanya", menurut Aulia, penggunaan gadget pada anak-anak bakal lebih "sehat". 

Aulia meyakini bahwa gadget itu bagai dua sisi mata uang yang sama.

"Kalau tepat digunakan, gadget bakal baik banget. Kalau salah menggunakannya, gadget bisa menghancurkan sebegitunya," pungkas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.