Shopee Indonesia PHK Sejumlah Karyawan

Kompas.com - 19/09/2022, 12:35 WIB

KOMPAS.com - Shopee mengonfirmasi bahwa pihaknya melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada sejumlah karyawan di Indonesia. PHK dilakukan sebagai langkah efisiensi bisnisnya di Tanah Air.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira, mengatakan bahwa pihaknya dengan berat hati harus melepas sejumlah karyawannya di Indonesia. 

"Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan sebuah keputusan yang sangat sulit," kata Radynal dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (19/9/2022).

Shopee Indonesia disebut telah mencoba melakukan penyesuaian dengan beberapa kebijakan bisnis di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini. Kini, kata Radynal, PHK menjadi langkah terakhir yang harus ditempuh oleh Shopee Indonesia.

Baca juga: Shopee Setop Operasi di Chile dan Meksiko, Hengkang dari Argentina

Shopee tidak merinci berapa jumlah karyawan yang terdampak dalam PHK kali ini. Pun tidak ada informasi detail soal karyawan dari divisi mana saja (ShopeeFood, ShopeePay, atau lainnya) yang di-PHK.

Radynal hanya menjelaskan, langkah efisiensi tersebut sejalan dengan fokus perusahaan secara global untuk mencapai kemandirian dan keberlanjutan.

Keduanya merupakan komponen penting dalam menjalankan bisnis di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini.

"Perusahaan akan berfokus ke pertumbuhan bisnis yang mandiri serta berkelanjutan, dan kami ingin memperkuat dan memastikan operasional perusahaan kami stabil di situasi ekonomi saat ini," imbuh Radynal.

Bagi karyawan yang terdampak PHK, Shopee berkomitmen untuk memberikan dukungan materi seperti memberikan pesangon sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dengan
tambahan satu bulan gaji.

Karyawan yang terkena PHK juga masih dapat menggunakan fasilitas asuransi kesehatan dari Shopee Indonesia hingga akhir tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.