Cara Menggunakan Family Link untuk Memantau Anak Main Gadget

Kompas.com - 20/09/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi telah memberikan dampak langsung terhadap tumbuh kembang anak dan remaja. Saat ini, melihat anak di bawah umur yang sudah mampu menggunakan smartphone dan tablet bukanlah lagi hal yang asing.

Kemahiran seorang anak dalam menggunakan gadget dipengaruhi oleh kebiasaan orangtua yang sudah memperkenalkan gadget pada anak di usia sedini mungkin.

Bahkan, tidak jarang gadget dijadikan solusi andalan bagi orangtua untuk mengatasi anak yang sedang rewel.

Namun, memberikan gadget pada anak tanpa pengawasan, bisa membuat anak mudah kecanduan. Salah satu efek samping kecanduan gadget yang acap kali ditemui adalah membuat anak-anak lebih mudah mengalami tantrum atau ledakan emosi tiba-tiba.

Baca juga: Perlukah Anak-anak Main Gadget?

Lantas, bagaimana cara mengontrol anak yang sedang bermain gadget?

Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua untuk memantau kegiatan bermain gadget anak adalah dengan menggunakan aplikasi parental control atau pengawasan orangtua. Salah satu aplikasi parental control adalah Family Link.

Family Link merupakan aplikasi yang mampu memberikan akses kontrol kepada orangtua untuk menyetujui dan memblokir aplikasi apa saja yang boleh diunduh dari Google Play Store.

Aplikasi besutan Google ini juga dapat membatasi waktu pemakaian dan mengunci perangkat anak ketika waktu istirahat tiba, sesuai yang diatur oleh orangtua.

Selain itu, orangtua dapat melacak lokasi anak melalui gadget yang sedang mereka gunakan dengan Family Link.

Psikolog klinis dari Komunitas Love Yourself Indonesia, Alif Aulia Masfufah mengatakan bahwa aplikasi seperti Family Link bisa digunakan para orangtua untuk membantu mengawasi aktivitas digital anak di perangkat mereka.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.