Kompas.com - 20/09/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Gadget sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi sebagian besar manusia modern saat ini. Gadget digunakan untuk menunjang banyak aktivitas sehari-hari, seperti pekerjaan, pembelajaran, dan hiburan.

Tidak hanya manusia dewasa, banyak pula anak-anak, terutama generasi Alpha (kelahiran 2010-2024), menggunakan gadget untuk hiburan maupun belajar. Tidak sedikit orangtua yang memfasilitasi putra-putri mereka dengan gadget, baik itu smartphone, tablet, komputer, dan sebagainya sebagai media hiburan dan edukasi.

Namun, tentu saja fasilitasi gadget ke anak membutuhkan pengawasan dan pembatasan, sesuai usia mereka. Selain mengontrol aktivitas digital, pengawasan dan pembatasan juga dibutuhkan agar anak tidak kecanduan gadget.

Strategi agar anak tidak kecanduan gadget bisa bervariasi, tergantung wawasan, prinsip, dan cara orangtua mendidik putra-putrinya.

Baca juga: Perlukah Anak-anak Main Gadget?

Pakai aplikasi pemantau gadget anak

Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan aplikasi pemantau aktivitas digital anak. Seperti yang dilakukan Watini (29), seorang ibu asal Bekasi. Dia menggunakan suatu aplikasi yang bisa memantau penggunaan gadget pada anaknya.

Watini tidak menyebutkan nama aplikasi tersebut. Namun dengan aplikasi ini, gadget yang dipakai anak akan secara otomatis tidak bisa dipakai, sehingga anak akan berhenti bermain gadget.

"Kebetulan suami bisa memantau gadget anak-anak lewat smartphone dia dari jauh. Jadi kalau waktunya tidur siang dan tidur malam, smartphone yang ada di anak-anak akan dimatikan," jelas Watini.

Watini melanjutkan, aplikasi-aplikasi yang terpasang di gadget anak juga bisa dikunci dengan kode yang hanya diketahui orang tua. Sehingga, anak-anak otomatis harus berkomunikasi kepada orang tuanya supaya mereka bisa memainkan smartphone.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau aktivitas penggunaan gadget pada anak adalah Family Link. Dengan aplikasi ini, orangtua bisa mengatur situs web apa saja yang dapat dikunjungi oleh anak mereka.

Orangtua juga bisa mengontrol aplikasi apa saja yang boleh diunduh anak di perangkat mereka. Selain itu, Family Link juga memungkinkan orangtua mengatur jam berapa saja anak boleh bermain gadget. Aplikasi Family Link besutan Google ini bisa diunduh di Play Store dan App Store.

Baca juga: Awasi Anak Belajar di Rumah dengan Google Family Link

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.