Profil Neil Amstrong, Manusia Pertama yang Mendarat di Bulan

Kompas.com - 20/09/2022, 17:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Neil Alden Armstrong atau sering disebut dengan Neil Armstrong merupakan seorang yang dikenal sebagai manusia pertama yang mendarat di bulan pada 20 Juli 1969.

Neil Armstrong lahir di Ohio, Amerika Serikat pada 5 Agustus 1930 merupakan seorang astronot, pilot uji coba, teknisi penerbangan, profesor Universitas, hingga penerbang laut di Amerika Serikat.

Armstrong merupakan anak pertama dari pasangan Stephen Koenig Armstrong dan Viola Louise Engel. Cerita awal mengenai kesukaannya dengan dunia penerbangan adalah saat kedua orang tuanya mengajaknya berkunjung ke pameran kedirgantaraan.

Kesukaannya pada dunia penerbangan semakin terwujud saat usia 16 tahun ia masuk sekolah penerbangan dan mendapatkan sertifikat penerbangan untuk pertama kalinya.

Setelah itu Armstrong meneruskan pendidikannya pada tahun 1947 di Universitas Purdue west Lafauette, Indiana. Semasa kuliah Armstrong mendapatkan GPA atau nilai yang terbaik dan lulus dengan gelar Bachelor dalam studi teknik penerbangan.

Pada saat kuliah Armstrong bertemu dengan kekasihnya yang bernama Janet Elizabeth Shearon dan memiliki tiga orang anak yakni Eric, Karen, dan Mark. Namun akhirnya mereka bercerai dan Armstrong menikah dengan Carol Held Knight dan menghabiskan masa tuanya di Ohio, Amerika Serikat.

Baca juga: Apa Itu Starlink? Layanan Internet Satelit yang Dijanjikan Hadir di Indonesia Mulai 2023

Perjalanan Neil Armstrong

Neil Armstrong merupakan peserta program penerbangan antariksa “Man in Space Soonest: tingkatan udara Amerika Serikat dan X-20 Dynasoar. Armstrong bergabung dengan Korps Astronot NASA pada tahun 1962.

Penerbanagn antariksa pertamanya adalah misi Gemini 8 NASA tahun 1966. Pada saat itu juga, Armstrong ditugaskan sebagai pilot komando.

Pilot Uji Coba

Setelah lulus dari Purdue, Armstrong mencoba untuk menjadi seorang pilot uji coba dalam sebuah penelitian eksperimental. Ia mendaftar ke National Advisory Committee for Aeronautics High-Speed Flight Station di Edwards.

Banyak pilot uji coba di Edward memuji kemampuan teknik Armstrong. Beberapa diantaranya datang dari Milt Thompson dan juga Knight.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.