Inilah Stuntronic, Robot Spider-Man di Disneyland yang Bisa Melompat dan Terbang Seperti Sungguhan

Kompas.com - 21/09/2022, 13:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

ANAHEIM, KOMPAS.com - Taman hiburan (theme park) Disneyland menyuguhkan sejumlah wahana dan pertunjukkan bagi para pengunjungnya.

Namun, ada satu pertunjukan yang bisa dibilang paling menarik, yaitu atraksi pahlawan super (superhero) Spider-Man terbang di udara, melintas dari satu platform ke platform lainnya.

Saking aslinya, banyak pengunjung, begitu juga KompasTekno yang hadir di sana untuk memenuhi rangkaian acara D23 Expo 2022 pada Kamis (8/9/2022), mengira bahwa atraksi ini dilakukan oleh seorang ahli akrobat (stuntman).

Namun, dugaan kami ternyata salah. Dalam sebuah sesi presentasi yang diisi oleh tim Walt Disney Imagineering di Disneyland Park California, Amerika Serikat pekan lalu, mereka mengatakan bahwa itu bukan orang, melainkan sebuah robot.

Baca juga: Pemerintah Shanghai Gunakan Drone dan Robot Anjing untuk Imbau Warga Patuhi Lockdown

Executive Creative Director Disney Live Entertainment Walt Disney Imagineering, Michael Serna mengatakan bahwa atraksi Spider-Man terbang ini berasal dari keinginan Disney untuk memberikan atraksi Spider-Man sungguhan di depan mata pengunjung.

"Sebagai penggemar Spider-Man, impian kami dan kita semua adalah melihat superhero tersebut melakukan atraksi terbang menggunakan jaring laba-labanya di depan mata kita," jelas Michael kepada KompasTekno pekan lalu.

"Dengan kerja keras tim riset dan pengembangan Walt Disney Imagineering, kami menghadirkan sebuah robot stuntronic yang dibuat sedemikian rupa untuk mewujudkan impian tersebut," imbuh Brent.

Robot Spider-Man yang dikembangkan tim Walt Disney Engineering.Disney Robot Spider-Man yang dikembangkan tim Walt Disney Engineering.
Michael lantas menunjukkan sebuah video pengembangan robot Spider-Man yang kemudian ia juluki sebagai stuntronic tersebut.

Pada awal pengembangan, Brent dan timnya hanya menggunakan sebuah tongkat yang diikat dengan tali. Tongkat tersebut seakan mendemonstrasikan bagaimana nantinya Spider-Man bakal terbang.

Lalu, seiring berjalannya waktu dan kalkulasi terhadap ritme lompatan sudah diperhitungkan matang-matang, tongkat itu diganti dengan sebuah robot yang bisa bergerak secara sistematis dan menyerupai manusia sungguhan.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.