BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Jenius

Gambar Jernih Pemotretan Pakai Fitur Zoom Samsung Galaxy S22 Ultra Viral di Twitter, Ini Faktanya

Kompas.com - 21/09/2022, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Cuitan akun mention dan confess (menfess), @convomfs, pada Kamis (1/9/2022) sempat bikin heboh jagat Twitter.

Pasalnya, cuitan tersebut menampilkan tangkapan layar unggahan akun Facebook Vira Jung yang berisi proses memotret menggunakan kamera Samsung Galaxy S22 Ultra dari jarak jauh pada acara konser musik di Thailand.

Pada unggahan akun Facebook Vira Jung, foto kumpulan aktor Thailand yang sedang dipotret memakai Samsung Galaxy S22 Ultra tampak begitu jelas. Padahal, pemotretan dilakukan dari tribun penonton yang berjarak cukup jauh dari panggung.

Foto yang menampilkan proses memotret itu bahkan tak bisa menangkap keseluruhan panggung tersebut.

Sontak, cuitan akun menfess dengan keterangan “keren banget ini HP Samsung” tersebut dibanjiri balasan dari warganet. Topik komentar meliputi afirmasi ketangguhan fitur zoom Samsung Galaxy S22 Ultra yang cocok untuk “ngonser” hingga pertanyaan terkait harga gadget.

Hingga artikel ini ditulis, cuitan itu sudah di-retweet 4.897 kali, disukai 67.400 akun, serta di-quote 2.941 kali.

Lantas, benarkah Samsung Galaxy S22 Ultra bisa memotret secanggih itu? Jangan-jangan, unggahan tersebut hanya gimik semata?

Baca juga: Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra, Sebagus Apa?

Kompas Tekno sempat menjajal keandalan Samsung Galaxy S22 Ultra dalam memotret. Untuk diketahui, ponsel flagship ini dibekali kamera utama 108 megapiksel (MP) (f/1,8, wide), kamera ultrawide 12 MP, kamera telefoto periskop 10 MP (1/4,9, 10x optical zoom), serta kamera telefoto 10 MP (f/2,4, 3x optical zoom). Sementara itu, kamera depannya menggunakan lensa beresolusi 40 MP (f/2,2).

Untuk fitur kamera, ponsel tersebut dibekali mode malam, macro, portrait, 108 MP, SpaceZoom 100x, dan lain-lain. Lantas, bagaimana hasil jepretannya?

Berdasarkan pengujian Kompas Tekno yang dimuat pada Senin (7/3/2022), hasil jepretan Samsung Galaxy S22 Ultra dari jarak yang cukup jauh memang terbilang bagus.

Kompas Tekno menggunakan fitur SpaceZoom 100x saat membuktikan kemampuan tersebut. Fitur ini mengandalkan kombinasi dua kamera telefoto periskop 10 MP dan kamera telefoto 10 MP serta sistem artificial intelligence (AI) yang tersemat pada chipset Snapdragon 8 Gen 1.

Ketika diuji coba untuk melihat teks kecil pada kertas dari jarak yang cukup jauh, Kompas Tekno bisa melihat secara jelas tulisan tersebut. Hanya saja, tetap dibutuhkan kestabilan saat memotret dengan fitur SpaceZoom 100x agar kamera ponsel bisa menangkap gambar dari jarak jauh secara detail.

Hasil foto kamera telefoto 10 MP di Galaxy S22 Ultra. Secara berurutan dari atas ke bawah, foto ini merupakan mode pembesaran 3x, 10x, 30x, dan 100x. Bisa dilihat dalam gambar, mode 100x bisa memperlihatkan tulisan yang terpampang di depan pintu obyek yang sedang disorot dengan cukup baik. Padahal, tulisan tersebut tak bisa dilihat di hasil foto untuk pembesaran 3x. (KOMPAS.com/Bill Clinten)KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera telefoto 10 MP di Galaxy S22 Ultra. Secara berurutan dari atas ke bawah, foto ini merupakan mode pembesaran 3x, 10x, 30x, dan 100x. Bisa dilihat dalam gambar, mode 100x bisa memperlihatkan tulisan yang terpampang di depan pintu obyek yang sedang disorot dengan cukup baik. Padahal, tulisan tersebut tak bisa dilihat di hasil foto untuk pembesaran 3x. (KOMPAS.com/Bill Clinten)

Jadi, bisa dikatakan, postingan akun Twitter @convomfs bukan gimik semata. Adapun kemampuan memotret Samsung Galaxy S22 Ultra bukan itu saja.

Samsung membekali ponsel flagship tersebut dengan fitur Nightography yang bisa membuat hasil foto di malam hari atau minim cahaya lebih epik dengan sensor kamera lebih bercahaya. Ada pula fitur Super Clear Glass untuk mengurangi lens flare.

Untuk pengambilan video, Galaxy S22 Ultra dilengkapi fitur Super Steady yang mampu menjaga hasil rekaman lebih smooth bebas getaran, melacak banyak objek sebagai acuan stabilisasi, dan High Dynamic Range (HDR) yang bisa menampilkan warna lebih nyata 64 kali lipat.

Dengan lensa dan fitur kamera superior, plus chipset bertenaga, tak heran Samsung Galaxy S22 Ultra dibanderol dengan harga Rp18.999.000.

Cara gratis dapatkan Samsung Galaxy S22 Ultra

Ponsel flagship terbaru dari Samsung tersebut bisa dibilang merupakan smartphone mahal. Meski demikian, ponsel ini bisa didapatkan secara gratis, lho. Caranya adalah dengan mengikuti program Flexi Rasa Maxi dari Jenius.

Merayakan ulang tahun ke-6, Jenius dari Bank BTPN mengajak para nasabahnya merayakan #langkahkecilhariini dengan menabung dan mendapatkan hadiah yang diinginkan lewat program #FlexiRasaMaxi. Hadiah yang disediakan pun beragam, salah satunya smartphone Samsung Galaxy S22 Ultra.

Sebagai informasi, Flexi Rasa Maxi adalah program hadiah langsung dengan penguncian dana lewat fitur Flexi Saver pada aplikasi Jenius. Program ini berlangsung sejak 4 Juli 2022 hingga 30 September 2022.

Program tersebut berlaku bagi seluruh nasabah aktif Jenius yang mempersiapkan tabungan jangka panjang melalui fitur Flexi Saver. Ada dua pilihan waktu penyimpanan tabungan di Flexi Saver untuk program mengikuti ini, yaitu 6 bulan dan 12 bulan. Nasabah bebas memilih jangka waktu dan hadiah yang diinginkan.

Beberapa hadiah yang bisa dipilih adalah cashback mulai dari Rp200.000 hingga Rp100 juta, logam mulia mulai dari 1,5 gram sampai 94 gram, smartphone Samsung, kamera, beragam produk elektronik, serta mobil.

Perlu diketahui, pilihan hadiah disesuaikan dengan jumlah dana simpanan dan jangka waktu penyimpanan. Pilihan hadiah lengkap dapat dilihat pada tautan berikut.

Adapun untuk bisa mendapatkan Samsung Galaxy S22 Ultra secara gratis melalui program #FlexiRasaMaxi, nasabah harus menempatkan dana Rp 1 miliar di Flexi Saver selama enam bulan.

Kemudian, tabungan Flexi Saver tersebut diberi nama LOCK6 GE1 1000. Secara otomatis, dana Rp1 miliar tersebut akan terkunci selama enam bulan.

Setelah penamaan dan penempatan dana sudah sesuai, Jenius akan mengunci dana dan nasabah berhak mendapatkan hadiah langsung berupa Samsung Galaxy S22 Ultra dengan RAM 12 GB dan ROM 256 GB–sesuai dengan hadiah yang telah dipilih.

Cara serupa juga berlaku untuk pilihan hadiah dan jangka waktu lain di program #FlexiRasaMaxi dari Jenius.

Baca juga: Hadirkan Program Flexi Rasa Maxi, Jenius Tawarkan Hadiah Gadget hingga Mobil Alphard

Perlu diketahui pula, dalam program #FlexiRasaMaxi, nasabah tidak perlu menunggu hingga akhir tenor tabungan untuk mendapatkan bunga. Sebaliknya, nasabah bisa memilih hadiah sesuai preferensi di awal mengikuti program tersebut.

Setelah dana tabungan dikunci, pihak Jenius akan memproses hadiah yang telah dipilih nasabah. Karena bunga sudah diberikan dalam bentuk hadiah di awal, bunga normal Flexi Saver 2,5 persen akan menjadi 0 persen.

Lalu, setelah menyelesaikan program ini, bunga Flexi Saver kamu akan kembali menjadi 2,5 persen dan dapat digunakan atau ditabung kembali.

Informasi terkait cara membuat dan menambah saldo Flexi Saver di Jenius bisa didapat dengan mengeklik tautan berikut.

Yuk, ikut program #FlexiRasaMaxi dari Jenius sekarang untuk perencanaan keuangan yang lebih baik dan dapatkan hadiah-hadiah menarik yang kamu inginkan.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.