Iran "Kiamat Internet" Pasca-protes Kematian Mahsa Amini

Kompas.com - 22/09/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Sepanjang pekan ini, Iran tengah menghadapi gelombang protes dari warganya terkait kematian Mahsa Amini (22). Mahsa Amini adalah perempuan yang tewas dalam tahanan pada Jumat (16/9/2022), usai ditangkap polisi moral, karena tak memakai hijab dengan benar.

Kini, di tengah gelombang demonstrasi untuk memprotes kematian Mahsa Amini, Iran dilaporkan mengalami "kiamat" internet. Pasalnya, layanan internet di beberapa kota di Iran dilaporkan tumbang. Alhasil, koneksi maupun kualitas layanan internet di Iran menurun bahkan mati total.

Kiamat internet ini dikhawatirkan membatasi warga Iran untuk mengekspresikan ketidakpuasannya atas situasi politik di negaranya, serta membatasi mereka berkomunikasi secara bebas.

Baca juga: Blokir Vimeo dan Reddit Bakal Dibuka jika Daftar PSE Kominfo

Kiamat internet di Iran pasca-protes kematian Mahsa Amini dilaporan langsung oleh NetBlocks, salah satu organisasi pemantau internet global.

Gangguan internet mulai 16 September

Dalam serangkaian twit, Netblocks melaporkan perkembangan terkini dari gangguan internet di Iran sepanjang minggu ini.

Kiamat internet di Iran di awali dengan gangguan internet sebagian di ibu kota negara Iran, Teheran pada Jumat 16 September 2022, bertepatan dengan kematian Mahsa Amini. Pada Jumat yang sama, protes atas kematian Mahsa Amini pertama kali pecah.

Menurut data Netblocks, koneksi internet di Teheran turun ke 67 persen pada Jumat. Akses warga Iran ke platform media sosial seperti Instagram dan WhatsApp juga mulai dibatasi.

Sejak Senin 19 September, gelombang protes atas kematian Mahsa Amini itu menjalar ke berbagai kota Iran lainnya. Bersamaan dengan itu, pengguna internet juga melaporkan pelambatan parah dan pemutusan koneksi internet di beberapa wilayah lainnya, seperti Kurdistan, misalnya.

Baca juga: Iran Blokir Aplikasi Signal Setelah Jumlah Pengguna Melonjak

Menurut data metrik Netblocks, konektivitas internet mati total (0 persen) di dan sekitar Sanandaj, ibu kota Provinsi Kurdistan di Iran barat pada Senin 19 September 2022.

Tak hanya koneksi internet yang menurun atau mati total, platform media sosial Instagram dan WhatsApp juga diblokir pasca-pecahnya demonstrasi untuk memprotes kematian Mahsa Amini.

Halaman:
Sumber NetBlocks


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.