Indikasi Kuat iPhone 14 Series Segera Masuk ke Indonesia

Kompas.com - Diperbarui 23/09/2022, 08:52 WIB

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan iPhone 14 Series dalam sebuah acara pada 7 September 2022 lalu. Kini, perangkat tersebut tampaknya bakal segera menyambangi pasar Indonesia sebentar lagi.

Hal ini terendus dari situs setifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada hari ini, Kamis (22/9/2022).

Ada empat perangkat iPhone baru yang didaftarkan oleh PT Apple Indonesia di laman tersebut. Keempat perangkat ini terpantau telah lulus uji TKDN dengan nilai 35 persen, dan terdaftar dalam satu sertifikat dengan nomor 4615/SJ-IND.8/TKDN/9/2022.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Adapun keempat perangkat iPhone tersebut masing-masing memiliki nomor model "A2882", "A2886", "A2890", dan "A2894".

Detail Sertifikat TKDN perangkat smartphone yang diduga sebagai iPhone 14 Series.TKDN Kemenperin Detail Sertifikat TKDN perangkat smartphone yang diduga sebagai iPhone 14 Series.

Berdasarkan penelusuran KompasTekno dari sejumlah sumber di internet, A2882 adalah nomor model untuk iPhone 14, A2886 untuk iPhone 14 Plus, A2890 untuk iPhone 14 Pro, dan iPhone A2894 untuk iPhone 14 Pro Max.

Kapan iPhone 14 rilis di Indonesia?

Dengan adanya sertifikat ini, maka seluruh model iPhone 14 Series kemungkinan bakal diboyong ke Tanah Air dalam waktu dekat. Pasalnya, sertifikasi TKDN merupakan syarat wajib setiap perangkat elektronik sebelum dipasarkan di Indonesia. Apabila sudah terdaftar di TKDN Kemenperin, artinya peluncuran perangkat tidak akan lama lagi.

Lantas, kapan kira-kira iPhone 14 series meluncur di Indonesia?

Nah, apabila mengacu pada peluncuran iPhone 13 Series di Indonesia tahun lalu, jeda antara peluncuran global dengan Indonesia adalah sekitar dua bulan.

Artinya, ada kemungkinan bahwa iPhone 14 Series bakal dirilis di Tanah Air sekitar November 2022 mendatang, usai diluncurkan pada September 2022 lalu.

Namun, hal itu belum bisa dipastikan, lantaran sejumlah Apple Premium Reseller (APR) perangkat Apple di Indonesia, macam iBox Indonesia hingga Digimap, belum mengumbar informasi apapun seputar peluncuran iPhone 14 di Indonesia.

Baca juga: Prediksi Harga iPhone 14 Series di Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.