YouTube Izinkan Kreator Monetisasi Video dengan Musik Berlisensi

Kompas.com - 23/09/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - YouTube mengumumkan program baru bernama "Music Creator" (Kreator Musik). Pengumuman tersebut dipaparkan langsung oleh platform berbagi video tersebut melalui sebuah acara “Made on YouTube”, Selasa (20/9/2022).

Program ini merupakan terobosan YouTube untuk menjembatani kepentingan YouTuber dan musisi. Selama ini, lisensi musik menjadi persoalan bagi YouTuber. Sebab, sebagian besar video panjang yang berisi musik, sulit dimonetisasi YouTuber lantaran terhambat hak cipta.

YouTube mengatakan, Music Creator bisa memudahkan kreator untuk memonetisasi video panjang yang menggunakan musik populer.

Music Creator merupakan katalog berisi lagu-lagu populer yang sudah berlisensi. YouTuber bisa mengaksesnya lewat menu Youtube Studio.

Di sini, mereka bisa menggunakan musik untuk video panjang mereka secara legal dan tentunya bisa dimonetisasi. Ada beberapa pilihan lagu yang berlabel "gratis", tapi ada pula yang berbayar.

Baca juga: Studi: Tombol Dislike dan Not Interested di YouTube Ternyata Nirfaedah

Adapun sistem pembayarannya ada dua, yakni dengan membeli lisensi lagu sepenuhnya dan bagi hasil dengan musisi.

Opsi pertama, yakni membeli lisensi yang mengharuskan YouTuber membayar lebih dulu musik yang akan digunakan. Dengan opsi ini, YouTuber bisa meraup seluruh pendapatan , sebagaimana pendapatan konten tanpa musik. Tentunya setelah dipotong komisi 45 persen untuk YouTube.

Sedangkan opsi kedua, yakni bagi hasil memungkinkan YouTuber membagi pendapatan dengan pemilik lisensi lagu yang digunakan pada videonya. Melansir The Verge, juru bicara YouTube, Susan Cadrecha mengatakan bahwa nantinya 55 persen pendapatan YouTuber akan dibagi secara proporsional berdasarkan jumlah trek musik dalam video mereka.

Misalnya, apabila YouTuber hanya menggunakan satu trek, mereka akan mendapatkan 27,5 persen pendapatan. Beda hasil jika mereka menggunakan dua trek musik, maka mereka akan mendapatkan 18,3 persen dari pendapatan video tersebut.

YouTube juga akan memberlakukan potongan lain untuk video, seperti biaya hak pertunjukan. Sisa pendapatan lainnya, akan diberikan ke pemilik lisensi musik.

Baca juga: Kreator YouTube Shorts Bisa Dapat Uang dari Iklan Mulai 2023

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.