Status WhatsApp Bisa Berisi Pesan Suara Pengguna?

Kompas.com - 23/09/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Fitur status di WhatsApp, pada dasarnya memiliki kesamaan dengan Facebook Stories ataupun Instagram Stories. Status yang diunggah bisa berbentuk teks, foto, dan video. Lalu, status yang diunggah bakal lenyap setelah 24 jam.

Namun baru-baru ini WhatsApp dikabarkan akan memungkinkan pengguna untuk membuat status/stories dalam bentuk pesan suara (voice note).

Kabar dari fitur ini sudah mulai berseliweran sejak Juli lalu. Akan tetapi, menurut situs yang kerap memberi bocoran akuran tentang fitur baru WhatsApp, WABetaInfo, ditemukan bahwa  fitur tersebut sedang dipersiapkan di WhatsApp Android versi 2.22.21.5.

Seperti biasanya, WABetaInfo juga turut menyertakan foto dari bocoran fitur baru ini. Foto tersebut menunjukkan bahwa tampilan fitur voice note di status mirip seperti gelembung chat.

Baca juga: 3 Fitur Baru Whatsapp untuk Voice Note, Sudah Coba?

Bisa dikatakan gelembung tersebut memiliki tampilan dan desain yang serupa seperti pengguna mengirim voice note di dalam percakapan (WhatsApp chat).

Apabila fitur ini resmi dan digulirkan secara menyeluruh, pengguna hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengunggah status dalam bentuk rekaman suara.

Tampilan fitur voice note di status WhatsappWABetaInfo Tampilan fitur voice note di status Whatsapp

Pengguna tinggal membuka tab Status di WhatsApp, di sisi bawah kanan layar ada ikon pensil. Ketuk ikon pensil, lalu muncul ikon mikrofon di sisi kanan bawah. Kemudian, ketuk ikon mikrofon tersebut untuk mulai merekam suara.

Baca juga: Twitter Uji Coba Fitur DM Berisi Pesan Suara

Menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp juga memberi akses kepada pengguna untuk mengganti warna latar belakang pesan suara tersebut. Warna latar belakang bisa dilakukan dengan mengetuk gambar ikon palet (pallete) di kanan atas.

Selain itu, status berbentuk suara tersebut bakal diputar secara otomatis setiap kali pengguna membuka pembaruan status suara. Adapun durasi rekaman suara yang diunggah adalah maksimal 30 detik.

Akan tetapi, hingga artikel ini ditayangkan, masih belum diketahui kapan fitur tersebut bakal diluncurkan untuk diuji coba.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Financial Express, Jumat (23/9/2022), WhatsApp juga dikabarkan sedang mempersiapkan fitur lain, yaitu memungkinkan pengguna menggunakan avatar saat melakukan panggilan video.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.