Kompas.com - 24/09/2022, 08:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Nvidia telah resmi meluncurkan kartu grafis (GPU) desktop GeForce RTX 40 Series dalam sebuah acara pekan ini.

Pada acara peluncuran, CEO Nvidia, Jensen Huang mengeklaim bahwa model tertinggi dari seri GPU yang juga dijuluki "Ada Lovelace" tersebut, yaitu RTX 4090 bisa ditingkatkan kecepatan clock-nya (overclock) menjadi 3,0 GHz.

Padahal kecepatan clock GPU tersebut hanya 2,23 GHz dan bisa meningkat menjadi 2,52 GHz dalam mode boost.

Huang mengatakan bahwa pengujian overclocking GPU tersebut dilakukan secara internal di Nvidia Labs.

Ia tidak mengumbar apakah pengujian tersebut mengandalkan sistem pendingin ekstra atau tidak. Sebab, kegiatan overclocking biasanya memang memicu panas berlebih pada perangkat komponen komputer macam GPU.

Huang juga tidak mengumbar berapa konsumsi daya yang dibutuhkan supaya kecepatan GPU RTX 4090 bisa di-overclock hingga 3,0 GHz.

Yang jelas, RTX 4090 diklaim memiliki konsumsi daya mencapai 450W dalam mode boost (2,5 GHz). Artinya, apabila GPU tersebut di-overclock, maka konsumsi daya akan meningkat dari angka yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Nvidia Luncurkan Dua PC Rakitan, GeForce RTX dan GeForce Esports

Seperti diketahui, kecepatan clock mencapai 3,0 GHz sendiri bisa dibilang merupakan kecepatan yang cukup tinggi untuk sebuah komponen GPU desktop. Biasanya, kecepatan GPU masa kini berkisar di angka 2 GHz.

Sebelumnya, GPU kompetitor AMD Radeon RX 6900 XT diklaim bisa di-overclock dari kecepatan boost aslinya 2,5 GHz menjadi 3,2 GHz. Kegiatan overclocking ini mengandalkan sistem pendingin mumpuni berbasis nitrogen.

Konon, angka kecepatan clock tersebut merupakan angka tertinggi di dunia untuk komponen GPU, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechSpot, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Nvidia Resmikan GPU RTX 4080 dan RTX 4090, Ini Harganya

Halaman:
Sumber TechSpot


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.