Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Update WhatsApp Versi Ini, Ada Celah Keamanan Berbahaya

Kompas.com - 28/09/2022, 08:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp belum lama ini mengumumkan bahwa aplikasi versi lawas mereka untuk smartphone Android dan iOS memiliki celah keamanan (bug) berbahaya.

Aplikasi WhatsApp yang dimaksud adalah WhatsApp Android/iOS versi 2.22.16.12. Selain WhatsApp "reguler", aplikasi WhatsApp Business Android/iOS dengan versi yang sama juga disebut memiliki bug serupa.

Dalam sebuah blog resmi, WhatsApp mengatakan versi WhatsApp tersebut memiliki dua celah keamanan yang berbahaya, masing-masing memilik kode "CVE-2022-36934" dan "CVE-2022-27492".

Baca juga: Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bagikan Link Undangan Telepon dan Video Call, Mirip Zoom

Dari kedua kode tersebut, CVE-2022-36934 dianggap lebih berbahaya, lantaran memiliki skor potensi keamanan 9,8 dari skala 10 alias sudah berada di level atas (critical).

Celah keamanan dengan kode ini sendiri memungkinkan peretas (hacker) mengirimkan kode berbahaya melalui panggilan video (video call) WhatsApp.

Jika video call tersebut diterima, maka kode-kode ini akan berjalan di smartphone pengguna, dan peretas bisa saja memasang beragam aplikasi berbahaya, begitu juga mengontrol perangkat yang terdampak, dari jauh.

Sementara celah keamanan dengan kode CVE-2022-27492, yang memiliki skor keamanan 7,8 dari skala 10, memungkinkan peretas menyisipkan kode-kode berbahaya melalui sebuah file video yang dikirimkan via WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Polling di Grup dan Caption Dokumen

Sejatinya, WhatsApp sudah memperbaiki kedua celah keamanan ini di versi WhatsApp berikutnya.

Namun, beberapa pengguna Android atau iOS kemungkinan masih ada yang menggunakan versi WhatsApp atau WhatsApp Business versi 2.22.16.12, terutama mereka yang mematikan fitur pembaruan (update) otomatis.

Pantauan KompasTekno di laman Play Store dan App Store, Rabu (28/9/2022), versi WhatsApp dan WhatsApp Business terbaru sendiri tercatat sudah berada di versi 2.22.19.76 (Android) dan 2.22.19.78 (iOS).

Baca juga: Status WhatsApp Bisa Berisi Pesan Suara Pengguna?

Nah, bagi Anda yang mematikan fitur update otomatis, ada baiknya untuk memperbarui aplikasi WhatsApp atau WhatsApp Business Anda ke versi terbaru sesegera mungkin. Ada baiknya Anda juga mengecek versi aplikasi WhatsApp yang sedang digunakan saat ini.

Untuk pengguna Android, cara mengecek versi aplikasi WhatsApp yang digunakan bisa dengan membuka menu Setting/Pengaturan > Apps/Aplikasi > WhatsApp, lalu gulir layar menuju kolom "versi aplikasi" yang berada di paling bawah.

Sementara untuk pengguna iPhone, bisa membuka menu Settings > General/Umum > iPhone Storage, lalu pilih aplikasi WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp reguler versi terbaru bisa diunduh di tautan berikut ini (Android) atau berikut ini (iOS). Sedangkan WhatsApp Business versi terbaru bisa didapatkan di tautan berikut ini (Android) atau berikut ini (iOS).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com