Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu TikTok Now dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Kompas.com - Diperbarui 29/09/2022, 09:26 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TikTok Now dirilis secara global pada pertengahan September lalu. Sebelumnya, fitur tersebut hanya hadir secara terbatas untuk wilayah Amerika Serikat saja. Kini, fitur tersebut sudah bisa dijajal di luar wilayah AS, termasuk Indonesia.

Namun, terdapat perbedaan antara TikTok Now di AS dengan versi global. Di AS, fitur tersebut terintergrasi dengan aplikasi TikTok utama. Sedangkan, TikTok Now global hadir sebagai aplikasi terpisah dari aplikasi TikTok utama.

Mudahnya adalah pengguna TikTok Now global harus mengunduh aplikasi TikTok Now secara mandiri. Pantauan KompasTekno, aplikasi tersebut sudah dapat diunduh di toko aplikasi resmi Google Playstore (Android) dan Apps Store (iOS).

Lantas, apa sebenarnya TikTok Now dan bagaimana cara menggunakannya?

Baca juga: TikTok Rilis Tombol Dislike Komentar, Indonesia Sudah Kebagian

Apa itu TikTok Now?

TikTok Now adalah sebuah fitur baru yang ditawarkan oleh TikTok untuk mengajak para penggunanya membuat status dalam bentuk foto ataupun video secara spontan menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus.

Fitur ini mirip dengan media sosial BeReal. Dengan mengambil gambar langsung dari kamera depan dan belakang, pengguna diharapkan bisa memperlihatkan ekspresinya tanpa rekayasa.

Pengguna hanya memiliki waktu yang terbatas dalam membuat status. Berdasarkan pengalaman KompasTekno menjajal aplikasi ini, pengguna hanya diberikan waktu tiga menit saja untuk mengambil foto/video.

Sementara itu, jika status yang diunggah berbentuk video, pengguna hanya dapat merekam dengan durasi maksimal 10 detik saja. Foto/video yang telah diambil tidak dapat disunting/diberi filter apapun.

Tangkapan layar TikTok Now (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Tangkapan layar TikTok Now (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)
Bila foto/video yang diambil tidak sesuai keinginan, pengguna dapat menggunakan kesempatan "Retake" untuk mengambil ulang gambar/video yang sudah diambil.

Baca juga: Orang Indonesia Makin Gemar Belanja Online lewat Media Sosial, Terbanyak di TikTok Shop

Namun, ketika durasi yang diberikan di bawah 10 detik, ponsel pengguna akan bergetar, menandakan waktu untuk membuat status semakin minim.

Adapun setelah mengunggah status tersebut, pengguna sudah tidak bisa menghapusnya. Kesimpulan menjajal fitur ini seperti ingin membuat pengguna "dikejar-kejar" oleh waktu saat membuat status.

Kehadiran dari fitur ini sangat mirip dengan aplikasi media sosial asal Perancis, BeReal. Sebab, aplikasi tersebut juga mengajak pengguna mengambil foto/video melalui kamera depan dan belakang secara bersamaan dalam kurun waktu dua menit.

Selain perbedaan durasi, fitur di BeReal dapat langsung mengambil gambar melalui kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Sedangkan, TikTok Now memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dari kamera belakang terlebih dahulu. Lalu, kamera depan baru menyala dan mengambil gambar dalam waktu tiga detik.

Pengguna yang berusia 18 tahun ke atas dapat mengunggah konten tersebut ke laman Explore.

Akan tetapi, pengguna yang berusia 13-15 tahun hanya dapat mengunggah status ke orang-orang yang diikuti saja, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Rabu (28/9/2022).

Cara menggunakan TikTok Now

Sebelum menggunakan fitur ini, pengguna harus terlebih dahulu mengunduk aplikasi "TikTok Now" di toko aplikasi resmi Google Playstore (Android) atau Apps Store (iOS). Lalu, setelah aplikasi selesai diunduh simak beberapa langkah di bawah ini.

Baca juga: TikTok Now Meluncur, Fitur Unggah Foto dan Video Spontan Mirip BeReal

Cara menggunakan TikTok Now (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Cara menggunakan TikTok Now (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

  • Buka aplikasi TikTok Now
  • Klik "Log in or sign up". Pengguna yang sudah memiliki akun TikTok bakal langsung teintegrasi dengan akun TikTok utama, sedangkan untuk pengguna baru bisa membuat akun terlebih dahulu.
  • Pengguna akan masuk ke laman utama dan diminta untuk mengunggah status
  • Ketuk ikon "Post", lalu kamera belakang pengguna akan menyala untuk mengambil gambar.
  • Setelah itu, kamera depan akan menyala juga selama 3 detik untuk mengambil tampak depan pengguna.
  • Apabila status tersebut siap diunggah, pengguna tinggal mengetuk ikon centang berwarna biru di tengah bawah.
  • Namun, bila foto yang diambil masih dirasa kurang bagus, pengguna bisa kembali mengambil gambar dengan mengeklik tulisan "Retake" di sisi kanan atas layar.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com