Kompas.com - 29/09/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Bisnis perusahaan marketplace yang berbasis di Singapura, Shopee tengah mengalami tantangan di sejumlah negara.

Setelah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada sejumlah karyawan di Indonesia, Shopee kini juga mem-PHK karyawannya di Thailand.

Menurut sumber yang dekat dengan isu PHK ini, langkah pengurangan pegawai ini diumumkan di pertemuan internal perusahaan pada Senin (26/9/2022). 

Shopee disebut memangkas 10 persen pegawai pada periode ini. Angka itu diyakini memengaruhi sekitar 100 karyawan di Thailand.

Baca juga: Shopee Indonesia PHK Karyawan, Bagaimana Operasi Bisnisnya?

Ini tampaknya merupakan gelombang kedua PHK di Shopee Thailand. Pasalnya, pada Juni lalu, Shopee Thailand juga dilaporkan mem-PHK 300 karyawan yang berada di divisi ShopeeFood dan ShopeePay, sebagaimana dihimpun dari The Thaiger.

PHK gelombang dua di Thailand ini disebut sebagai langkah restrukturisasi. Tujuannya untuk mendorong perusahaan mencapai profitabilitas dan menghadapi tantangan ekonomi global yang tak menentu.

Berbica soal bisnis, Shopee Thailand memang tengah dilanda kerugian besar, setidaknya untuk periode tahun 2021.

Shopee Thailand membukukan pendapatan 13,3 miliar baht (sekitar Rp 5,3 triliun) pada tahun 2021, naik 129 persen dari tahun 2020 (year-on-year/YoY).

Meski pendapatannya naik drastis, Shopee dilaporkan mengalami kerugian besar, yakni sebesar 4,9 miliar bath (sekitar Rp 1,9 triliun). Kerugian itu memburuk 19,24 persen YoY, menurut Creden Data, penyedia layanan analitik data, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BangkokPost, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Shopee Indonesia PHK Karyawan, Berapa Jumlahnya?

Pimpinan ingin Shopee berhemat

Dalam laporan terpisah, pendiri, ketua sekaligus kepala eksekutif Shopee, Forrest Li dilaporkan memberikan memo kepada karyawan berisi langkah-langkah penghematan biaya operasional perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.