Kompas.com - 29/09/2022, 14:02 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan iPhone 14 series pada 7 September lalu. Smartphone ini hadir dalam empat model, yakni iPhone 14 "reguler", iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Dua model iPhone 14 Pro sendiri hadir dengan peningkatan yang lebih tinggi dibanding pendahulunya. Peningkatan tersebut termasuk lensa kamera yang lebih besar. Meski demikian, ponsel ini dinilai relatif mudah diperbaiki ketimbang model sebelumnya.

Hal tersebut terungkap dari video yang ditunjukkan oleh saluran PBKreviews di YouTube. Dalam video tersebut, PBKreviews membongkar iPhone 14 Pro Max versi AS tanpa SIM fisik dan menunjukkan jeroan ponsel Apple itu.

Baca juga: Ekspektasi Meleset, Apple Kurangi Produksi iPhone 14

Alih-alih dari punggung ponsel, PBKreviews memilih layar sebagai komponen utama yang dibongkar dari iPhone 14 Pro Max.

Setelah layar dibongkar, PBKreviews melepas baut yang terpasang pada pelat logam bertuliskan A16 Bionic. Komponen ini bertugas untuk menjaga agar beragam kabel tetap terpasang kuat ke motherborad, sekaligus berperan sebagai penyalur suhu panas.

Setelah pelat logam itu diangkat, kabel layar dan kabel baterai dapat dilepas, sehingga baik kabel maupun layar iPhone 14 Pro Max dapat dilepaskan sepenuhnya. Menurut PBKreviews, baterai iPhone 14 pro Max memiliki kapasitas 4.323 mAh.

iPhone 14 Pro dibongkarPBKreviews iPhone 14 Pro dibongkar
Proses untuk melepaskan layar dan baterai tersebut tampak cukup mudah, sehingga dalam perbaikannya juga dinilai lebih mudah, meskipun tetap harus dilakukan oleh orang profesional.

Selanjutnya, PBKreviews melepas beragam komponen lainnya termasuk pelat logam yang menutupi kamera belakang iPhone 14 Pro Max berikut kabel yang menghubungkan kamera.

Kamera iPhone 14 Pro Max sendiri terdiri dari kamera utama 48 MP, ultrawide 12 MP dan telefoto 12 MP dengan dukungan OIS pada kamera utama dan telefotonya.

Baca juga: Cara Bikin Dynamic Island ala iPhone 14 Pro di HP Android

Selain itu, PBKreviews juga mempreteli kamera depan iPhone 14 Pro Max yang berdampingan dengan sensor Face ID. Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (29/9/2022), video itu menunjukkan bahwa kamera depan iPhone 14 Pro Max dibekali dengan Optical Image Stabilization (OIS).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.