Kompas.com - 29/09/2022, 15:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Untuk para pengguna Windows mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “Task Manager”. Task Manager merupakan sistem operasi bawaan dari Microsoft sejak update-nya Microsoft pada versi Windows 2000.

Secara umum, Task Manager merupakan aplikasi bawaan dari operating system (OS) Windows yang berfungsi sebagai monitoring proses dan aplikasi apa saja yang berjalan pada saat Anda menggunakan perangkat komputer tersebut.

Dari monitoring ini, Anda mendapatkan informasi penggunaan resource sistem komputer Anda secara keseluruhan.

Selanjutnya, KompasTekno akan menjelaskan mengenai pengertian Task Manager hingga fungsi dan cara penggunaan Task Manager itu sendiri dalam Windows perangkat komputer kita.

Baca juga: Komponen-Komponen Dasar Jaringan Komputer

Pengertian Task Manager

Task Manager adalah komponen sistem operasi yang ditemukan di semua versi Microsoft Windows sejak Windows NT 4.0 dan Windows 2000. Ini memungkinkan Anda melihat setiap proses dan kinerja komputer secara keseluruhan.

Manfaat dalam menggunakan Task Manager salah satunya adalah Anda dapat melihat berapa banyak memori yang digunakan suatu program, menghentikan program yang dibekukan, dan melihat sumber daya sistem yang tersedia.

Cara Pengoperasian Task Manager

Task Manager dibuka dengan menekan Ctrl+Shift+Esc pada keyboard. Anda juga dapat membuka Task Manager dengan mengklik kanan taskbar dan memilih Task Manager.

Cara lain untuk membuka Task Manager adalah dengan menekan Ctrl+Alt+Del pada keyboard dan memilih Task Manager atau Start Task Manager.

Windows 8 & Windows 10

Pengguna Windows 8 dan Windows 10 juga dapat mengakses Task Manager dengan mengklik kanan Start atau menekan Windows Key+X untuk mengakses power user task manager. Di menu ini, Anda dapat mengakses Task Manager.

Windows Vista & Versi Lebih Terbaru

Di Windows Vista dan versi yang lebih baru, klik Mulai, ketik taskmgr di kotak teks Pencarian, dan pilih opsi taskmgr.exe atau Manajer Tugas di hasil pencarian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.