Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Umumkan Tanggal Rilis Program PlayStation Stars, Termasuk Indonesia

Kompas.com - 01/10/2022, 16:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Juli lalu, Sony mengumumkan tengah menguji coba program loyalitas (loyalty program) baru yang bernama "PlayStation Stars" untuk para pengguna konsol PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5).

Kini, tanggal peluncuran program tersebut diumumkan Sony PlayStation melalui sebuah pengumuman yang diunggah di blog resmi mereka.

Dalam pengumuna tersebut, Vice President, Network Advertising, Loyalty & Licensed Merchandise Sony PlayStation, Grace Chen mengatakan PlayStation Stars sudah meluncur secara global.

"Dengan peluncuran ini, kami memulai perilisan global kami untuk PlayStation Stars, dan ini baru permulaan. Kami akan terus mengembangkan program dengan menambahkan fitur, hadiah, manfaat, dan cara baru untuk menikmati PlayStation," kata Grace.

Baca juga: Resmi, Harga PS5 di Indonesia Naik Rp 900.000

Rincian tanggal rilisnya, begitu juga wilayah yang akan dapat menikmati program loyalitas teranyar Sony PlayStation tersebut adalah sebagai berikut:

  • Asia, termasuk Jepang: 29 September 2022 (waktu lokal setempat)
  • Amerika Utara dan Amerika Selatan: 5 Oktober 2022 (waktu lokal setempat)
  • Eropa, Australia, dan Selandia Baru: 13 Oktober 2022 (waktu lokal setempat)

Seperti diketahui, Indonesia termasuk ke dalam wilayah Asia atau Region 3. Artinya, pengguna PS4 dan PS5 di Tanah Air sudah bisa menjajal loyalty program terbaru milik Sony PlayStation ini.

Apa itu PlayStation Stars?

PlayStation Stars merupakan program loyalitas yang memungkinkan pengguna mengumpulkan poin dengan cara menyelesaikan beragam aktivitas dan misi yang disediakan oleh PlayStation.

Salah satu misi yang dapat diselesaikan dengan mudah adalah misi bernama "Monthly Check-In". Dalam misi tersebut, pemilik PS4 atau PS5 hanya diwajibkan bermain game apa saja supaya mereka mendapatkan poin.

Gamers yang berlangganan PlayStation Plus (PS Plus) juga akan mendapatkan poin PlayStation Stars ketika mereka mengeluarkan uangnya untuk membeli beragam layanan atau game yang ada di toko PlayStation Store.

Program PlayStation Stars.PlayStation Program PlayStation Stars.
Nantinya, poin-poin yang telah dikumpulkan bakal bisa ditukar dengan sejumlah produk tertentu di PlayStation Store seperti game, saldo PlayStation Network (PSN), dan lain sebagainya.

Selain itu, pengguna juga bisa mengeklaim "patung digital" alias figurine dari sejumlah karakter favorit di game buatan PlayStation, figurine dari konsol game klasik PlayStation, dan masih banyak lagi.

Baca juga: PS5 Edisi FIFA 23 RIlis 30 September di Indonesia, Dijual Rp 10 Jutaan

Gratis tanpa harus berlangganan PS Plus

Tidak seperti PS Plus, PlayStation Stars bisa dinikmati oleh seluruh pengguna secara gratis. Tentunya para pengguna ini wajib memiliki akun PlayStation yang terdaftar sebagai akun dewasa, bukan anak-anak.

Layanan tersebut untuk saat ini bisa diakses melalui aplikasi PlayStation App yang bisa diunduh di toko aplikasi Play Store (Android) dan App Store, serta situs web playstation.com.

Grace mengatakan, pengguna nantinya bakal bisa mengakses PlayStation Stars melalui konsol secara langsung. Namun, ia belum mengumbar tanggal pasti kapan layanan itu bisa diakses di konsol tersebut.

Yang jelas, agar bisa terdaftar dalam loyalty program tersebut, pengguna cukup menyetujui beragam syarat dan ketentuan yang telah dibuat oleh Sony PlayStation ketika mereka mengakses PlayStation Stars untuk pertama kalinya.

Apabila sudah, maka mereka bisa langsung mengumpulkan poin, supaya bisa mengeklaim beragam hadiah yang ditawarkan Sony PlayStation tadi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BlogPlayStation, Sabtu (31/9/2022).

Baca juga: PS5 Bakal Dibuat Lebih Ramping, Ini Komponen yang Dilepas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com