Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, iPhone Mulai Pakai Port USB-C?

Kompas.com - 02/10/2022, 09:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Slashgear

KOMPAS.com - Apple disebut akan merombak penamaan iPhone, khususnya untuk model "Pro Max" mulai tahun depan. Pasalnya, terminologi tersebut cukup sulit diucapkan.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, Apple akan mengganti penamaan Pro Max yang sudah digunakan sejak iPhone 11, menjadi "Ultra". Perubahan ini disebut-sebut akan diadopsi untuk iPhone yang rilis tahun depan, atau diduga disebut iPhone 15.

Bila laporan itu akurat, maka varian tertinggi iPhone 15 series ditaksir adalah iPhone 15 Ultra, bukan iPhone 15 Pro Max.

Penamaan Ultra pada produk Apple sendiri bukan kali pertama diterapkan pada iPhone. Sebab, Apple sudah menggunakan kata "Ultra" pada jam pintarnya, yaitu Apple Watch Ultra yang rilis bersamaan dengan iPhone 14 series pada awal September 2022. Selain itu, Apple juga pernah meluncurkan chip M1 Ultra pada Maret lalu.

Baca juga: iPhone 14 Pro Max Dipreteli, Seperti Ini Isinya

Selain pengucapannya yang lebih mudah, peralihan nama "Pro Max" ke Ultra juga kabarnya akan menandai peningkatan besar pada iPhone mendatang.

Peningkatan tersebut termasuk penggunaan prosesor yang diproses dengan fabrikasi 3 nm generasi kedua TSMC. Desain arsitektur ini menjanjikan prosesor dengan peningkatan kinerja serta efisiensi energi yang signifikan.

iPhone 15 Ultra pakai USB-C?

Menurut Mark Gurman, Apple juga akan mengadopsi desain baru untuk iPhone 15, khususnya iPhone 15 Ultra. Salah satu perubahan desain yang paling signifikan adalah pada aspek port yang melengkapi ponsel.

Apple sendiri kabarnya sudah menguji port USB-C pada iPhone, sehingga kuat diduga bahwa iPhone 15 Ultra akan menjadi salah satu iPhone pertama yang hadir tanpa port Lightning, dan digantikan dengan USB-C.

Upaya ini dilakukan Apple setelah Komisi Uni Eropa mendesak perusahaan untuk mengadopsi USB-C.

Uni Eropa juga mewajibkan semua perangkat elektronik memakai USB-C mulai 2024, sesuai dengan aturan tentang port pengisian daya tunggal yang disetujui menjadi undang-undang pada Juni lalu.

Jadi, bila Apple tak mematuhi aturan tersebut, perusahaan terancam kesulitan masuk ke pasar Eropa.

Baca juga: Ekspektasi Meleset, Apple Kurangi Produksi iPhone 14

Dihimpun KompasTekno dari SlashGear, Jumat (30/9/2022), iPhone 15 juga dikabarkan akan hadir dengan peningkatan kamera, utamanya untuk menunjang perbesaran gambar (zoom).

Alih-alih pengaturan zoom telefoto standar seperti iPhone 14 Pro, iPhone 15 konon akan dilengkapi lensa telefoto periskop.

Dukungan tersebut terbilang baru bagi iPhone, namun sudah cukup lumrah diadopsi oleh merek smartphone Android seperti Samsung pada Galaxy S22 Ultra dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Slashgear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com