Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PlayStation 5 dengan Chip Baru Segera Meluncur?

Kompas.com - 02/10/2022, 10:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony dikabarkan telah meluncurkan konsol PlayStation 5 (PS5) anyar dengan nomor model CFI-1202. Konon, model PS5 ini lebih ringan 13 persen dari versi awal (CFI-1000) yang meluncur pada 2020 lalu.

Kini, "jeroan" PS5 model CFI-1202 dikuak ke publik oleh blog teknologi Angstronomics. Menurut mereka, konsol game Sony versi anyar tersebut kini menggunakan chip baru yang difabrikasi dengan teknologi 6 nanometer (nm).

Chip tersebut masih dibuat oleh mitra Sony TSMC dan memiliki kode nama "Oberon Plus".

Nah, karena teknologi fabrikasinya meningkat dari 7 nm ke 6 nm, maka ukuran chip ini disebut bisa dibuat 15 persen lebih kecil dari chip PS5 versi sebelumnya (270 mm persegi vs 300 mm persegi).

Meski lebih kecil, jumlah transistor yang ada di dalamnya diklaim bertambah 18,8 persen.

Baca juga: PS5 Edisi FIFA 23 RIlis 30 September di Indonesia, Dijual Rp 10 Jutaan

Dengan begitu, konsumsi daya PS5 versi baru agaknya akan lebih hemat tanpa mengurangi performa, dan panas yang dihasilkan juga akan lebih sedikit dibanding PS5 versi pertama.

Dari sisi bisnis, ukuran chip PS5 yang lebih kecil ini, menurut Angstronomics, juga memungkinkan Sony untuk membuat 20 persen lebih banyak chip PS5.

Kemudian, biaya produksi PS5 juga disebut bakal berkurang sebanyak 12 persen, memungkinkan Sony untuk menekan biaya produksi konsol tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Angstronomics, Jumat (30/9/2022).

Sony belum mengumbar informasi atau ketersediaan, begitu juga harga PS5 dengan nomor model CFI-1202 ini. Namun yang jelas, konsol versi baru biasanya bakal memiliki performa yang lebih mumpuni dibanding konsol versi lama.

Bobot PS5 lebih ringan

Seperti disebutkan di atas, PS5 model anyar (CFI-1202) dikabarkan bakal mengusung bobot yang 13 persen lebih ringan 13 persen dibandingkan PS5 versi awal (CFI-1000) yang meluncur pada 2020 lalu.

Baca juga: PS5 Bakal Dibuat Lebih Ramping, Ini Komponen yang Dilepas

Memiliki nomor model CFI-1202A, PS5 Standard Edition hadir dengan bobot 3,9 kg atau sekitar 600 gram lebih enteng dari PS5 versi awal yang berbobot 4,5 kg.

Sementara PS5 Digital Edition terbaru CFI-1202B memiliki bobot yang 500 gram lebih ringan, yakni 3,4 kg. Sebagai perbandingan, PS5 Digital Edition model awal dirilis memiliki bobot mencapai 3,9 kg.

Untuk dapat membuat konsol ini lebih ringan dari versi awal, Sony diketahui telah mengurangi komponen di pipa pendingin (heatsink) konsol menjadi 16 persen lebih kecil dari generasi sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com