Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Aktifkan Safety Check Pasca-Tragedi Kanjuruhan

Kompas.com - Diperbarui 03/10/2022, 06:31 WIB

KOMPAS.com - Facebook mengaktifkan fitur Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan terkait tragedi kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu (1/10/2022) lalu.

Melalui fitur Safety Check, pengguna yang berada di lokasi Stadion Kanjuruhan dapat memberikan informasi terkait status keselamatan diri serta orang-orang di sekitar.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Safety Check untuk sudah bisa digunakan di Facebook mulai hari ini Minggu (2/10/2022) sejak pukul 11.06 WIB.

Melalui fitur Safety Check, Facebook mencatat kronologi kejadian berikut jumlah korban tewas yang mencapai 127 orang dan 180 lainnya luka-luka.

"Sumber media melaporkan kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, dekat Jl. Trunojoyo dan Jl. Sapta Marga, pada Sabtu malam 1 Oktober, waktu setempat. Sedikitnya 127 orang tewas dan 180 lainnya terluka," tulis Facebook.

Cara menggunakan fitur Safety Check

Pengguna Facebook yang berada di kawasan tragedi kerusuhan Stadion Kanjuruhan dapat melaporkan kondisi terbaru di sekitar.

Fitur Safety Check juga bisa digunakan bagi Anda yang ingin mengetahui status keselamatan teman atau kerabat yang sebelumnya ikut menyaksikan duel Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan.

Layanan Safety Check/Pemeriksaan Keselamatan bisa diakses melalui tautan berikut.

Di sisi kanan laman Safety Check, pengguna bisa menjumpai kolom "Friends in Area" yang menampung daftar teman atau kerabat yang saat ini berada di lokasi kejadian.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.