Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umur Aplikasi Swiftkey Keyboard di iPhone Tinggal Hitungan Hari

Kompas.com - 03/10/2022, 18:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft bakal menghentikan dukungan aplikasi papan ketik virtual SwiftKey Keyboard untuk perangkat berbasis sistem operasi iOS macam iPhone dan iPad.

Dengan begitu, aplikasi SwiftKey bakal dihapus dari toko aplikasi Apple App Store dan tak bisa lagi digunakan pengguna iPhone dan iPad. Hal ini dikonfirmasi oleh direktur manajemen produk di SwiftKey, Chris Wolfe.

"Mulai 5 Oktober, dukungan untuk SwiftKey di perangkat iOS akan berakhir dan akan dihapus dari Apple App Store," kata Wolfe kepada outlet media ZDnet, sebagaimana dikutip KompasTekno, Sabtu (1/10/2022).

Baca juga: Microsoft Akuisisi Swiftkey Supaya Cortana Makin Pintar

Dia mengatakan, hingga 5 Oktober mendatang, pelanggan yang menginstal dan menggunakan SwiftKey di iPhone dan iPad masih dapat menggunakan aplikasi seperti biasanya. Setelah tanggal tersebut, aplikasi akan dihapus dari App Store dan tidak bisa di-download lagi oleh pengguna baru.

Bagaimana nasib SwiftKey di Android?

Berbeda dengan perangkat iOS, Wolfe memastikan bahwa aplikasi SwiftKey untuk ponsel Android tetap dan masih akan terus bekerja seperti biasa.

SwiftKey Keyboard untuk iOS bakal dihapus pada 5 Oktober 2022.apps.apple.com SwiftKey Keyboard untuk iOS bakal dihapus pada 5 Oktober 2022.
Dalam pernyataannya, Wolfe tidak merinci alasan perusahaannya menghentikan dukungan SwiftKey Keyboard di perangkat iOS.

Namun, menurut spekulasi yang beredar, penghentian dukungan aplikasi SiwftKey Keyboard untuk iOS ini dikarenakan masalah kebijakan Apple yang mengharuskan pengembang untuk memberikan izin akses untuk bagian tertentu di software.

Tujuannya agar produk aplikasi pihak ketiga lebih terintegrasi dan bekrja dengan baik dengan sistem milik Apple.

Baca juga: Apple Rilis iOS 16.0.2, Perbaiki Kamera Getar iPhone 14 Pro

Sebelum dijadwalkan dihapus pada 5 Oktober 2022, aplikasi SiwftKey Keyboard untuk iOS ternyata sudah tidak mendapatkan pembaruan software selama setahun terakhir.

Pantauan KompasTekno di laman App Store, terakhir kali aplikasi SwiftKey menerima update adalah pada 11 Agustus 2021 melalui versi 2.9.2.

Hal ini bertolak belakang dengan aplikasi SwiftKey Keyboard yang rutin mendapatkan pembaruan. Di laman Play Store, SwiftKey telah menerima pembaruan untuk bulan September 2022 melalui versi 8.10.23.3.

Bila melihat ke belakang, SwiftKey Keyboard menjadi salah satu aplikasi keyboard pihak ketiga yang populer dikalangan pengguna ponsel Android maupun iPhone. Aplikasi ini dibikin oleh perusahaan SwiftKey yang diakusisi Microsoft pada 2016 silam.

Pada 2016, Microsoft mengeklaim bahwa aplikasi keyboard itu telah digunakan di lebih dari 300 juta perangkat Android dan iOS. Jumlah itu terus bertambah pada 2022 ini.

Baca juga: Microsoft Beli Keyboard Swiftkey Rp 3,4 Triliun?

Di laman Play Store, SwiftKey Keyboard terpantau sudah di-download sebanyak lebih dari 1 miliar kali. Sementara jumlah unduhan aplikasi SiwftKey di App Store tidak diketahui secara pasti.

Hanya saja, menurut data firma riset Sensor Tower, SwiftKey Keyboard telah diunduh sebanyak 200.000 kali hanya pada bulan Agustus 2022.

Selama hadir di iOS, aplikasi SwiftKey Keyboard menghadirkan beragam fitur mulai dari tema dark mode, pengetikan dengan metode dikte (voice typing), serta dukungan sekitar 600 bahasa.

SwfitKey Keyboard di iOS juga memiliki fitur haptic feedback (umpan balik haptic) ketika mengetik. Fitur serupa baru diperkenalkan di keyboard bawaan Apple melalui sistem operasi iOS 16 yang dirilis 2022 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com