Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Perkembangan Windows dari Masa ke Masa

Kompas.com - 03/10/2022, 19:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Windows adalah perangkat lunak paling penting yang pernah dibuat. Selama hampir empat dekade, ia telah menjalankan komputer yang kita gunakan untuk berbagai hal.

Terutama dalam melakukan pekerjaan kantoran, pekerjaan industri kreatif, kesehatan, dan sebagainya. Windows telah menjadi sistem operasi yang dominan di seluruh dunia untuk sebagian besar sejarahnya.

Pada awal 1980-an, Bill Gates dan perusahaan perangkat lunaknya, Microsoft, telah menguasai pangsa pasar yang besar dari sistem operasi yang dijalankan pada komputer desktop, MS-DOS, sering disingkat menjadi DOS.

DOS adalah sistem operasi yang mumpuni, tetapi strukturnya berbasis teks dan mengharuskan pengguna untuk mengetahui setidaknya beberapa dasar untuk menjalankannya.

Perkembangan Windows membawa perubahan mendasar dalam cara kita berinteraksi dengan komputer. 

Meskipun Windows bukanlah satu-satunya sistem operasi berbasis GUI, Windows adalah sistem operasi yang paling luas digunakan. Bill Gates membantu mengantarkan era adopsi komputer desktop secara luas dan banyak yang telah berubah di tahun-tahun sejak itu.

Windows telah berkembang dan diperbarui setiap beberapa tahun dan melihat setiap versi rilis menunjukkan transformasi Windows 1985-2022.

Baca juga: Sejarah hingga Perkembangan Google Chrome

Sejarah Perkembangan Microsoft dari Tahun 1985-2022

Berikut ini KompasTekno akan menjelaskan secara ringkas mengenai perkembangan Microsoft dari masa ke masa. Berikut penjelasannya;

Windows 1.0

Dirilis pada tahun 1985, Microsoft Windows 1.0 menghadapi perjuangan berat yang panjang untuk mendominasi pasar. Windows pertama ini merupakan sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) yang dibuat perusahaan Microsoft.

Windows 1.0 menggunakan tampilan bitmap (device independent bitmap atau disingkat DIB). Windows versi pertama ini juga menggunakan mouse sebagai perangkat yang membantu mengoperasikan Windows.

Dikarenakan Windows 1.0 masih menggunakan DOS, maka hanya ada satu aplikasi yang boleh berjalan di muka (foreground application).

Windows 2.0

Adanya update ke versi kedua dari sistem operasi bukanlah lompatan besar ke depan tetapi memperkenalkan beberapa kemampuan dan fitur utama yang melekat padanya hingga hari ini. Versi kedua ini lebih menonjolkan grafik.

Grafik yang ditingkatkan memberi Windows 2.0 kemampuan untuk menampilkan lebih banyak warna dan tampilan Windows yang tumpang tindih. Di versi sebelumnya memaksa jendela untuk diletakkan bersebelahan.

Untuk rata-rata pengguna, Windows 2.0 tidak jauh berbeda dengan Windows pertama. Pengguna yang paham teknologi menghargai peningkatan kemampuan dan spesifikasi teknis.

Namun semua itu tidak terlalu penting karena Windows terus berjuang untuk membebaskan pengguna dari mesin DOS berbasis teks mereka dengan versi ini.

Baca juga: Cara Menghubungkan HP Oppo dengan Laptop dan Menampilkan Layarnya di Windows

Windows 3.0

Windows 3.0 adalah versi windows yang cukup sukses terjual secara komersial. Windows versi ini dirilis tahun 1990. Windows versi ini memiliki peningkatan dalam kemampuan pada aplikasi Windows.

Versi 3.0 mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara bersamaan. Versi ini juga dikenal sebagai virtual memory.

Windows 3.1

Meskipun versi Windows 3.0 merupakan peningkatan yang signifikan dari pendahulunya, versi 3.1 menjadi versi yang paling luas dan populer. Windows 3.1 muncul saat internet mulai menguasai sehingga mendapatkan pengguna secara banyak (masal).

Beberapa peningkatan signifikan dari 3.1 adalah Manajer Program, Manajer File, penggunaan font TrueType, Panel Kontrol, dan banyak lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com