Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Modifikasi Lockscreen ala iOS 16 Bakal Hadir di Android Samsung?

Kompas.com - 04/10/2022, 13:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Apple telah merilis sistem operasi terbarunya, iOS 16 dengan sejumlah fitur dan peningkatan. Salah satunya adalah tampilan lockscreen yang bisa dimodifikasi sesuai selera pengguna.

Melihat kebaruan dalam memodifikasi layar lockscreen, Samsung dilaporkan juga bakal menghadirkan fitur yang serupa di antarmuka ponselnya, lewat update One UI 5.0. Namun, kini, fitur tersebut masih sedang dikembangkan dan diuji coba di OneUI 5.0 versi beta.

Salah seorang yang mendapatkan kesempatan untuk menguji coba fitur baru dari antarmuka terbaru Samsung adalah YouTuber teknologi bernama Vaibhav Jain.

Baca juga: iOS 16 Resmi Dirilis, Ini 5 Fitur Baru Menarik yang Wajib Dicoba di iPhone

Vaibhav mengunggah informasi tersebut ke akun Twitter pribadinya dengan handle @vvaiibhav. Dalam unggahannya, ia juga menyertakan tampilan layar dari kedua perangkat Samsung dan iPhone 14 varian Pro.

Melalui gambar tersebut dapat diketahui bahwa OneUI 5.0 versi beta Samsung memungkinkan pengguna untuk mengubah warna font, mengganti jenis font, hingga memilih beragam warna dari widgets jam. Tampilan dari opsi pengaturan yang disuguhkan juga cukup serupa dengan iOS 16.

Selain memodifikasi widgets di bagian lockscreen, pengguna Samsung nantinya juga dapat mengganti wallpaper atau foto latar ponsel secara langsung.

Transisi antara aplikasi juga diklaim bakal lebih cepat dan mulus dibandingkan sebelumnya. Adapun fitur Always on Display (AoD) diprediksi juga akan dapat dimodifikasi seperti lockscreen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Giz China, Selasa (4/10/2022).

Sebelum Samsung, Xiaomi sempat dilaporkan hal yang serupa. Seorang pengembang tema MIUI asal China, diketahui tengah membuat tema yang dapat mengubah HP Xiaomi menjadi tampak seperti iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Tema itu diberi nama “Grumpy UI”.

Baca juga: Daftar Harga HP Samsung Terbaru September 2022

Serupa dengan Dynamic Island, Grumpy UI juga menampilkan fitur lain, yaitu “Now Playing” di MIUI. Fitur tersebut dapat menampilkan musik apa yang sedang diputar. Lalu, tema tersebut pun dapat menyamarkan lubang kamera yang berada di pojok kiri atas layar.

Dikutip dari Notebook Check, tema yang mirip iOS 16 ini sudah tersedia di Theme Store. Namun, tampaknya tema tersebut tidak tersedia untuk pengguna Xiaomi di luar China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com