Kompas.com - 05/10/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Migrasi siaran TV analog ke digital atau analog switch off/ASO di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), batal dilakukan hari ini, Rabu (5/10/2022).

Penghentian siaran TV analog untuk Jabodetabek baru akan dilakukan pada 2 November mendatang.

Alasannya, penyelenggara Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) sebagai pihak penyelenggara multipleksing, meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menunda ASO di Jabodetabek hingga bulan depan.

Baca juga: Siaran TV Analog Jabodetabek Batal Dimatikan Besok, Diundur 2 November

Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP), Kominfo, Usman Kansong mengatakan sebetulnya Kominfo sudah siap melakukan ASO di wilayah Jabodetabek sesuai jadwal, yakni 5 Oktober.

"Namun, ATVSI/penyelenggara multipleksing meminta ASO Jabodetabek digeser ke 2 November 2022 sebagai batas akhir ASO sesuai dengan UU Cipta Kerja," kata Usman, dihubungi KompasTekno, Selasa (4/10/2022).

Usman menambahkan, dalam program ASO, pemerintah dalam hal ini Kominfo, berperan untuk memfasilitasi keinginan ATVSI dalam menghadapi disrupsi digital.

Alasan ATVSI minta ASO Jabodetabek ditunda

Sementara Ketua ATVSI, Syafril Nasution, mengatakan bahwa masyarakat Jabodetabek masih belum siap untuk beralih ke siaran TV digital.

Menurut Syafril, baru 43 persen warga DKI Jakarta yang siap migrasi ke TV digital. Angka tersebut ia peroleh dari survei AC Nielsen per Oktober 2022.

Sementara 57 persen lainnya masih belum siap beralih dari TV analog ke TV digital. Inilah yang menjadi dasar kekhawatiran Syafril soal banyaknya masyarakat yang tidak bisa lagi menonton TV karena belum siap beralih ke TV digital.

"Kami melihat kalau seperti ini, kami juga khawatir masyarakat tiba-tiba tidak bisa menonton televisi. Kalau masyarakat tidak bisa menonton televisi karena kita matikan semua ASO itu besok, apa jadinya?" kata Syafril dikutip KompasTekno dari Antara, Rabu (5/10/2022).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.