Kompas.com - 05/10/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Sony meluncurkan konsol Sony PlayStation 5 (PS5) pada November 2020 lalu. Setelah sekitar dua tahun berada di pasaran, metode jailbreak perdana PS5 kini tersebar di dunia maya.

Sederhananya, jailbreak adalah teknik yang biasa digunakan oleh orang yang getol memodifikasi perangkat (modder) untuk membobol sistem atau software perangkat.

Apabila metode jailbreak sukses, maka perangkat, dalam hal ini PS5 akan bisa diotak-atik lebih lanjut dan dipasangi berbagai software atau game ilegal.

Nah, teknik jailbreak perdana PS5 ini pertama kali dibagikan oleh seorang modder konsol di Twitter yang memiliki akun dengan handle @SpecterDev.

Baca juga: PS5 Bakal Dibuat Lebih Ramping, Ini Komponen yang Dilepas

Dalam sebuah postingan, SpecterDev mengatakan bahwa metode jailbreak dengan nama "Cryptogenic/PS5-4.03-Kernel-Exploit" ini memungkinkan pengguna memasang game secara mandiri, tidak melalui toko resmi PlayStation Store.

Salah satunya adalah game PS4 buatan Hideo Kojima yang bernama P.T., yang merupakan teaser untuk game terbaru dari seri horor populer Silent Hill yang tak kunjung dirilis ke publik.

Seperti diketahui, selain melalui game fisik (disc), pengguna PS5 memang wajib memasang game dari PlayStation Store apabila mereka ingin memainkan versi digital dari sebuah game PS5.

Bisa dipasang tapi tak bisa dimainkan

PlayStation 5 (PS5).Blog Sony PlayStation PlayStation 5 (PS5).

Terkait teknik jailbreak perdana tadi, seorang pengguna Twitter bernama Lance McDonald (@manfightdragon) langsung mengumbar proses jailbreak dan pemasangan game P.T. di PS5 miliknya.

Proses jailbreak tampaknya berjalan dengan mulus dan pemasangan game terbilang cukup lancar. Namun setelah dipasang, game tersebut ternyata tidak bisa dijalankan.

Baca juga: PlayStation 5 dengan Chip Baru Segera Meluncur?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber IGN


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.