Kompas.com - 05/10/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Bantuan sosial sembako atau Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dengan total sebesar Rp 600.000, direncanakan cair mulai awal Oktober ini, sebagaimana disampaikan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata.

"Bansos reguler sembako dan PKH ini untuk yang Oktober sampai dengan Desember akan mulai dilaksanakan di Oktober, kira-kira mulai Senin (pekan ini)," kata Isa dalam media briefing di Kantor Kemenkeu pada Jumat (30/9/2022), dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Cair Mulai Oktober Ini, Begini 2 Cara Cek Penerima Bansos PKH Tahap 4

Isa menjelaskan bahwa sepanjang tahun 2022, pemerintah telah menyiapkan anggaran BPNT sebesar Rp 45,12 triliun untuk disalurkan ke kelompok masyarakat yang terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat (KPM).

Dari total anggaran BPNT tersebut, tiap KPM bakal memperoleh bantuan sebesar Rp 200.000 per bulan selama tiga bulan, yang dibayarkan sekaligus. Jadi, tiap KPM akan mendapat bansos sembako dengan total sebesar Rp 600.000.

Sementara itu, proses pencairan bansos sembako sendiri, dilakukan langsung oleh bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), serta PT Pos Indonesia untuk wilayah yang sulit dijangkau seperti Papua, Papua Barat, dan Maluku.

Dengan adanya kabar terbaru ini, proses cek penerima bansos BPNT sudah bisa dilakukan oleh masyarakat. Sama seperti beberapa jenis bansos lainnya, cek penerima bansos BPNT juga dapat dilakukan via aplikasi Cek Bansos atau situs web “cekbansos.kemensos.go.id”.

Penjelasan yang lebih lengkap soal cara cek penerima BPNT via aplikasi Cek Bansos atau situs web “cekbansos.kemensos.go.id”, bisa dilihat di bawah ini.

Cara cek penerima BPNT

1. Cek penerima BPNT via “cekbansos.kemensos.go.id”

  • Kunjungi link cek penerima BPNT ini https://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Pada kolom “Pencarian Data Penerima Manfaat Bansos” masukkan informasi wilayah (provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan).
  • Selanjutnya, masukkan nama lengkap penerima manfaat sesuai KTP.
  • Masukkan kode Captcha yang terdiri dari 8 digit huruf.
  • Pastikan semua informasi telah terisi dengan benar, lalu klik “Cari Data”.
  • Website bakal menunjukkan data penerima manfaat bansos dan statusnya.
  • Data yang ditampilkan terdiri dari alamat penerima, periode bansos, dan identitas penerima.

2. Cek penerima bansos sembako via aplikasi Cek Bansos

  • Unduh aplikasi Cek Bansos di toko aplikasi Google Play Store pada HP berbasis Android.
  • Bila belum memiliki akun untuk login ke aplikasi Cek Bansos, silakan klik opsi “Buat Akun Baru”.
  • Lalu, isi data diri untuk mulai membuat akun, seperti username, password, nomor Kartu Keluarga (KK), NIK, dan data sesuai KTP. Selain itu, lampirkan pula swafoto dengan KTP dan foto KTP.
  • Setelah data terverifikasi, akun akan diaktivasi.
  • Bila telah diaktivasi, silakan login akun pada aplikasi Cek Bansos dengan username dan password yang telah dibuat sebelumnya.
  • Pada halaman awal aplikasi, pilih menu “Cek Bansos” dan isi data sesuai KTP.
  • Terakhir, klik opsi “Cari Data” dan sistem akan menunjukkan data penerima bansos dan statusnya.

Baca juga: BSU 2022 Tahap 4 Mulai Cair Minggu ini, Begini 2 Cara Cek Penerimanya

Demikianlah penjelasan seputar cara cek penerima bansos sembako via aplikasi Cek Bansos dan situs web “cekbansos.kemensos.go.id”, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.