Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Selfie iPhone 14 Pro Terbaik Versi DxOMark

Kompas.com - 05/10/2022, 13:45 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber DxOMark

KOMPAS.com - Setelah menguji performa dari layar dan suara iPhone 14 Pro Max, DxOMark kembali melakukan pengujian terhadap kamera depan dan belakang dari varian iPhone 14 Pro.

Hasil pengujian tersebut mencatat bahwa iPhone 14 Pro memiliki kualitas kamera selfie yang baik dalam hal selfie dan pengambilan video. Dengan meraih skor sebesar 145 poin, iPhone 14 Pro menduduki peringkat pertama sebagai kamera selfie terbaik.

Namun, saat melakukan pengujian keseluruhan kamera, iPhone 14 Pro mendapati skor 146 poin dan berada di posisi kedua. Hanya selisih satu poin dari perangkat Honor Magic 4 Ultimate yang memiliki resolusi kamera belakang 50 MO (f/1.6).

Baca juga: Cara Bikin Dynamic Island ala iPhone 14 Pro di HP Android

Terlepas dari hal tersebut, pengujian kamera seflie yang dilakukan oleh DxOMark terbagi ke dalam beberapa aspek, yaitu exposure, color, focus, texture, noise, artifacts, flash, dan bokeh. Sedangkan, pengujian kamera belakang sedikit berbeda yaitu menambahkan aspek stabilitas gambar.

iPhone 14 Pro disebut DxOMark memiliki kamera selfie terbaik karena dapat menangkap warna kulit sesuai dengan warna yang asli, teknologi zero-shutter yang dimiliki dapat konsisten dan selalu cepat, dapat mengurangi blur (foto bergoyang), dan menampilan warna kontras pada wajah.

Adapun efek bokeh yang dihasilkan iPhone 14 Pro dinilai alami saat menggunakan fitur portrait. Hasil selfie yang diambil mungkin bisa dikatakan setara dengan hasil bokeh dari kamera DSLR, dirangkum KompasTekno dari laman DxOMark, Rabu (5/10/2022).

Selain itu, saat memotret objek diam, gambar yang dihasilkan memiliki exposure (pencahayaan) yang sesuai dan bokeh yang sangat memuaskan.

Beralih ke pengujian video, video yang diambil lebih mulus, perpindahan antar satu transisi dan lainnya lancar, stabilitas, dan ketajaman gambar yang baik saat merekam video sambil berjalan. Sehingga hasil pengujian video yang dilakukan dapat menghasilkan gambar yang berkualitas.

Baca juga: iPhone 6 Kini Dianggap HP Kuno

Hanya saja, kekurangan dari kamera iPhone 14 Pro adalah hasil gambar ataupun video mulai menunjukkan noise (bintik warna), kurang detail, dan terjadi perubahan warna kulit ketika pengguna memotret di dalam ruangan, kondisi minim cahaya, atau saat melakukan perbesaran gambar (zoom) sebanyak tiga kali.

Spesifikasi iPhone 14 Pro

iPhone 14 Pro Max varian warna Deep PurpleKOMPAS.com/ OIK YUSUF iPhone 14 Pro Max varian warna Deep Purple

iPhone 14 Pro dibekali layar LTPO Super Retina XDR OLED dengan diagonal 6,1 inci. Resolusi layar 2.556x1.179 piksel dengan kerapatan layar sebesar 460 PPI.

Layar depan perangkat dihiasi punch hole yang cukup lebar dan diberi nama Dynamic Island. Punch hole tersebut dijadikan sebagai wadah kamera selfie 12 MP.

Baca juga: iPhone 14 Sudah Dipajang di Situs Apple Indonesia, Kapan Dirilis?

Konfigurasi kamera yang dimiliki adalah kamera utama 48MP, kamera ultra-wide 12 MP dan lensa telefoto 12 MP. Untuk menunjang performanya, iPhone 14 Pro ditenagai chipset A16 Bionic dan dipadankan dengan media penyimpanan 128/256/512 GB dan 1TB.

Tanda-tanda iPhone 14 series bakal segera hadir di Indonesia sudah mulai muncul. Dikarenakan perangkat tersebut sudah muncul di laman Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian pada akhir September lalu.

Indikasi lainnya, perangkat teranyar buatan Apple ini sudah muncul juga di laman resmi Apple Indonesia. Meskipun bocoran harga iPhone 14 series di Indonesia belum terungkap, Anda bisa mendapat gambaran dari banderol harga iPhone 14 series di Amerika Serikat.

Di laman resmi Apple, iPhone 14 Pro dipatok seharga Rp14,8 juta untuk varian 128 GB, sedangkan Rp 22,3 juta untuk varian 1 TB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DxOMark
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com