Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Besar Windows 11 Sudah Bisa Diunduh di Indonesia, Ini Fitur Barunya

Kompas.com - 05/10/2022, 15:45 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada akhir 20 September, Microsoft mulai menggulirkan pembaruan (update) besar Windows 11, yakni update versi 22H2.

Setelah penantian dua minggu, update Windows 11 22H2 akhirnya muncul dan bisa di-download oleh pengguna Windows 11 di Indonesia mulai hari ini, Rabu (5/10/2022), berdasarkan pantauan KompasTekno.

Untuk mengetahui apakah pembaruan ini sudah tersedia atau belum, pengguna bisa mengecek lebih dulu dengan cara membuka menu "Start" > "Settings" > "Windows Update" > "Check for updates".

Baca juga: Microsoft Rilis Update Besar Windows 11, Ini Fitur-fitur Barunya

Bila update sudah tersedia, pengguna bakal melihat informasi "Windows 11 version 22H2 is available" lengkap dengan opsi untuk download dan instal pembaruan tersebut.

Pengguna bisa mengeklik tautan "See what's in this update" untuk melihat fitur-fitur baru yang dibawa dalam pembaruan Windows 11 22H2.

Pengguna hanya perlu mengeklik, "download dan install" untuk mengunduh dan memasang update Windows 11 22H2. Tunggu proses download dan instal selesai, selanjutnya pengguna bakal diminta untuk me-restart laptopnya.

Namun, bila update belum tersedia, pengguna mesti bersabar karena biasanya update software digulirkan secara bertahap.

Versi 22H2 adalah pembaruan besar untuk Windows 11 pada periode semester kedua di tahun 2022. Tak hanya itu, update Windows 11 versi 22H2 ini juga merupakan update pertama yang dirilis Microsoft sejak Windows 11 resmi digulirkan pada Oktober 2021.

Baca juga: Cara Melihat Password WiFi di Laptop Windows 11

Tangkapan layar update Windows 11 versi 2H2022 sudah bisa di-download di Indonesia, Rabu (5/10/2022).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar update Windows 11 versi 2H2022 sudah bisa di-download di Indonesia, Rabu (5/10/2022).
Fitur baru update Windows 11 2H22

Dalam laman Support Microsoft, setidaknya ada 8 fitur baru yang dibawa update Windows 11 versi 22H2 kali ini. Berikut daftarnya:

1. Folder di menu Start

Pengguna kini bisa mengelompokkan aplikasi favorit yang disematkan (pin) di menu Start sesuai kategorinya. Hal ini dimungkinkan karena adanya fitur "folder" di menu Start.

Pengguna hanya perlu menyeret aplikasi satu bergabung dengan aplikasi lain yang diinginkan. Nantinya, aplikasi bakal membentuk satu folder baru. Pengguna bisa menamai folder sesuai keinginannya.

2. Folder "Favourites" di File Explorer

Pengguna bisa mengelompokkan file-file penting ke folder berbintang alias "Favourites" di File Explorer. Caranya, klik kanan pada file yang diinginkan > pilih opsi "Add to Favourites".

Nantinya, seluruh file yang difavoritkan bakal dikelompokkan di folder "Favourites" yang muncul di Home File Explorer dan Office.com.

Baca juga: Cara Membuat Password Laptop Windows 11, Windows 10, dan Windows 7

3. Emoji yang dipersonalisasi

Update Windows 11 2H2022 memungkinkan pengguna untuk memodifikasi gender, jumlah keluarga, dan warna kulit pada emoji, khususnya emoji keluarga.

Pengguna perlu menekan kombisasi tombol Windows + titik (.) untuk membukan panel emoji. Cari emoji family atau keluarga, lalu klik "+" untuk memodifikasi emoji.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com