Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 16 Bikin Layar iPhone Macet? Begini 2 Cara Mengatasinya

Kompas.com - 06/10/2022, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru untuk iPhone, iOS 16 versi final sudah dirilis sejak 12 September lalu. Dengan perilisan versi final, iOS 16 semestinya sudah siap dipakai oleh pengguna iPhone secara umum, tanpa ada kendala.

Kendati semestinya demikian, namun berdasar percobaan yang telah dilakukan KompasTekno sejauh ini, masih ditemukan beberapa bug atau gangguan pada iOS 16 versi final yang dipakai di iPhone.

Baca juga: iOS 16 Bikin Boros Baterai iPhone? Coba Matikan Fitur Ini

Salah satu bug iOS 16 yang kerap dijumpai adalah layar iPhone bisa tiba-tiba menjadi tidak responsif, bahkan macet atau tidak bisa digerakkan sama sekali. Sebagian dari Anda mungkin juga menjumpai masalah layar iPhone macet akibat iOS 16.

Lantas, bagaimana cara mengatasi layar iPhone macet akibat iOS 16? Setidaknya terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi layar iPhone macet lantaran bug iOS 16, yakni melakukan restart iPhone secara paksa dan update iOS 16.0.2.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan soal dua cara mengatasi layar iPhone macet akibat iOS 16.

Cara mengatasi layar iPhone macet akibat iOS 16

1. Restart iPhone secara paksa

Ketika tiba-tiba layar iPhone macet, Anda tak bakal bisa memuat ulang atau restart dengan cara yang biasa. Sebagaimana umum diketahui, restart iPhone biasa digunakan untuk menyegarkan kembali sistem bila terdapat kendala kinerja perangkat.

Dalam kondisi iPhone normal atau tak ada kendala, restart dilakukan dengan menekan tombol power dan volume bawah, lalu geser opsi “matikan” di layar”. Bila layar iPhone macet, opsi tersebut tak akan dapat digeser. Alhasil, iPhone jadi sulit buat di-restart.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Untuk mengatasi masalah ini, iPhone perlu dimuat ulang secara paksa tanpa harus menyentuh layar untuk menggeser opsi “matikan”. Adapun cara restart iPhone secara paksa di iOS 16 adalah sebagai berikut:

  • Tekan dan lepas tombol volume atas secara cepat
  • Tekan dan lepas tombol volume bawah secara cepat
  • Kemudian, tekan dan tahan terus tombol power hingga muncul logo Apple, lalu lepaskan.
  • Setelah iPhone mati, silakan tekan tombol power untuk menyalakannya kembali.

Ilustrasi cara restart secara paksa untuk mengatasi layar iPhone macet akibat bug iOS 16.Apple.com Ilustrasi cara restart secara paksa untuk mengatasi layar iPhone macet akibat bug iOS 16.

2. Update iOS 16.0.2

Setelah dimuat ulang secara paksa dan layar iPhone iOS 16 bisa digerakan kembali, cobalah juga untuk melakukan pembaruan atau update iOS 16.0.2. Di iOS 16.0.2, Apple secara tidak langsung mengakui bahwa terdapat bug yang bikin layar iPhone macet.

Dikutip dari laman resmi Apple, iOS 16.0.2 membawa sejumlah perbaikan pada masalah kinerja, termasuk untuk masalah sentuhan tidak responsif, terutama di layar iPhone X, iPhone Xr, dan iPhone 11 yang pernah diservis.

Update iOS 16.0.2 bisa dilakukan lewat dua cara, yakni pertama, dengan Over the Air (OTA) atau langsung mengunduh di menu pengaturan iPhone. Kedua, bisa juga dengan aplikasi iTunes di desktop.

Baca juga: 7 Perbedaan iOS 15 dan iOS 16 yang Perlu Diketahui

Penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara update iOS bisa dibaca di artikel ini “2 Cara Update iOS pada iPhone via OTA dan iTunes”. Demikianlah penjelasan cara mengatasi layar iPhone macet akibat bug iOS 16, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com