Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo A77s Meluncur, Punya Bodi dengan Tekstur Kulit

Kompas.com - 06/10/2022, 10:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Oppo kembali meluncurkan smartphone terbarunya dari keluarga A-Series, yaitu Oppo A77s di pasar Thailand, Rabu (5/10/2022).

Ponsel ini merupakan pelengkap dari Oppo A77 4G dan Oppo A77 5G yang sudah meluncur lebih dulu di pasar global beberapa bulan lalu.

Sekilas, desain suksesor Oppo A76 ini mirip dengan Oppo Reno 7 4G. Sebab, bagian punggung ponsel ini dihiasi dengan material khusus yang dijuluki Fibreglass-Leather Design.

Dengan desain ini, punggung perangkat memiliki tekstur kulit yang kesat di tangan, tidak licin, dan bebas dari bekas sidik jari.

Meski demikian, desain ini hanya tersedia untuk Oppo A77s varian warna Sunset Orange saja, sedangkan varian warna lainnya, yaitu Starry Black menggunakan material doff yang kesat, bukan kulit.

Baca juga: Oppo A77 4G Meluncur, Ini Bedanya dengan Versi 5G

Masih soal desain, Oppo A77s mengusung layar LCD berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD Plus. Layar ini mendukung refresh rate 90 Hz, tingkat kecerahan 600 nits, dan sudah dilapisi kaca pelindung Panda Glass.

Pada bagian tengah atas layar, terdapat "poni" konvensional bergaya waterdrop yang memuat kamera selfie 8 MP.

Kembali lagi ke sisi belakang ponsel, di bagian ini terdapat dua buah kamera yang dimuat dalam sebuah modul persegi. Kedua kamera itu masing-masing beresolusi 50 MP dan 2 MP (monokrom).

Untuk aspek hardware, Oppo A77s ditenagai dengan chipset Snapdragon 680 yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan 128 GB. Baterai ponsel ini berkapasitas 5.000 mAh dan mendukung pengisian cepat berdaya 33 watt.

Sedangkan pada aspek software, ponsel ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) ColorOS 12.1.

Fitur pendukung lainnya mencakup speaker berteknologi Dirac Sound, tingkat ketahanan terhadap debu dan air dengan rating IP54, 3,5 mm audio jack, pemindai sidik jari yang disematkan di tombol power, dan masih banyak lagi.

Di Thailand, Oppo A77s dijual dengan harga 9.000 Baht atau sekitar Rp 3,6 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Kamis (6/10/2022).

Baca juga: Inilah O Relax, Fitur di HP Oppo untuk Relaksasi dan Kurangi Stres

Bakal masuk Indonesia

Oppo A77s.Oppo Oppo A77s.
Oppo Indonesia sebelumnya sudah mengonfirmasi bahwa pihaknya bakal memboyong Oppo A77s ke Indonesia dalam beberapa waktu ke depan.

Hal ini disampaikan PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto. Menurut Aryo, Oppo A77s bakal menjadi perangkat Oppo A-Series pertama di Indonesia yang mengusung desain ponsel Oppo Reno 7 4G.

“Kami membawa bahasa desain lini seri Reno untuk diterapkan pada perangkat lini
seri A untuk pertama kalinya," ujar Aryo dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno pekan ini.

"Fiberglass Leather Design yang tadinya hanya ada pada Oppo Reno 7 dengan warna oranye lembut, tekstur kulit, ditambah tepian datar berwarna emas rupanya banyak diminiati oleh konsumen, oleh sebab itu desain serupa kami hadirkan pada OPPO A77s," imbuh Aryo.

Sebelumnya, ponsel ini juga sudah terdaftar di situs web Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan nomor model CPH2473.

Baca juga: Oppo A77s Segera Masuk Indonesia, Bawa Kamera 50 MP

Melalui sertifikat dengan nomor 3873/SJ-IND.8/TKDN/8/2022, perangkat tersebut sudah lolos uji TKDN dengan nilai 35,60 persen dan siap edar di Tanah Air.

Lantas, berapa harga ponsel ini di Indonesia? Kita nantikan saja peluncuran Oppo A77s di Tanah Air dalam beberapa waktu ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com