Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Kembalikan Tombol Shortcut Task Manager di Windows 11

Kompas.com - 06/10/2022, 13:30 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft mengembalikan tombol pintas alias shortcut untuk membuka program Task Manager di Windows 11. Biasanya, untuk membuka Task Manager, pengguna Windows 11 harus menekan tombol ctrl, alt, dan delete secara bersamaan.

Task Manager merupakan aplikasi bawaan Windows yang berguna untuk memonitor apa saja proses dan aplikasi yang sedang berjalan pada komputer atau laptop.

Microsoft sebelumnya menghapus tombol shortcut Task Manager dari menu Windows Taskbar di Windows 10 dan Windows 11.

Namun, kini Microsoft mengembalikannya ke tempat semula, sehingga pengguna bisa mengakses Task Manager hanya dengan mengklik kanan bagian Windows Taskbar seperti gambar di bawah ini.

Baca juga: Update Besar Windows 11 Sudah Bisa Diunduh di Indonesia, Ini Fitur Barunya

Task Manager di Windows 11Microsoft Task Manager di Windows 11
Untuk mendapatkan tombol shortcut Task Manager ini, pengguna perlu melakukan pembaruan sistem operasi (OS) Windows versi Preview Build 25211 melalui Dev Channel di Windows Insider.

Kembalinya tombol Task Manager menjadi salah satu hal yang menarik dari pembaruan Windows Preview Build 25211. Meski demikian, pembaruan ini juga hadir dengan perbaikan bug dan fitur lainnya. Berikut beberapa di antaranya.

Pengaturan Widget

Dengan Windows Preview Build 25211, pengguna bisa menyesuaikan panel widget. Microsoft menyediakan tombol plus (+) yang terpisah dengan tombol pengaturan widget. Adapun tombol "+" berguna untuk menambahkan widget yang Anda inginkan.

Update Sniping Tool

Microsoft juga memperbarui aplikasi Sniping Tool. Melalui pembaruan ini, gambar tangkapan layar (screenshot) yang diambil dari Sniping Tool akan disimpan di folder Screenshot. Namun pengaturan ini bisa Anda matikan bila lebih suka mengatur penyimpanan gambar dari Sniping Tool secara manual.

Hapus aplikasi

Melalui pembaruan ini, Micorosft tidak lagi mengizinkan pengguna mencopot pemasangan (instal) aplikasi yang terkait dengan aplikasi lainnya. Misalnya aplikasi Steam dan game terhubung ke Steam.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Windows dari Masa ke Masa

Selain itu, Microsoft memperbaiki bug untuk bagian atas File Explorer yang terkadang tidak dapat diakses ketika ditampilkan dalam mode layar penuh.

Pembaruan melalui Channel Dev sendiri dijelaskan Microsoft merupakan pembaruan yang masih dikembangkan atau belum stabil. Jadi, ada kemungkinan pengguna menemukan bug atau kendala lainnya.

Perusahaan juga berkata bahwa pembaruan ini adalah permulaan dan akan ada lebih banyak peningkatan pengalaman lainnya yang dihadirkan di di waktu mendatang, dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Kamis (6/10/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com