BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Gandeng Nicholas Saputra di Film Terbarunya, Riri Riza Beberkan Pengalaman Bikin Film Pakai Oppo Find X5 Pro 5G

Kompas.com - 06/10/2022, 16:09 WIB
Siti Sahana Aqesya,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sineas serta produser kenamaan Indonesia, Riri Riza dan Mira Lesmana, meluncurkan film pendek terbaru berjudul Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu pada Kamis (6/10/2022).

Kedua sineas yang tergabung dalam Miles Film itu menggandeng Nicholas Saputra sebagai aktor utama di film yang berdurasi 30 menit tersebut.

Untuk diketahui, kerja sama Nicholas, Riri, dan Mira sudah terjalin sejak lama. Nicholas telah terlibat dalam sejumlah film yang digarap Riri sebagai sutradara dan diproduseri Mira, yakni Gie (2004), Tiga Hari untuk Selamanya (2005), Drupadi (2008), dan Ada Apa dengan Cinta? 2 (2016).

Film-film tersebut mendapat sambutan positif dari penikmat film Tanah Air. Ada Apa dengan Cinta? 2, misalnya, berhasil ditonton 3,6 juta orang dalam kurun waktu satu bulan sejak diluncurkan pertama kali pada Kamis (28/4/2016). Film ini merajai box office Indonesia saat itu.

Film Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu.Dok. Oppo Film Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu.

Tentang film terbarunya, Riri mengatakan, Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu mengisahkan tentang seorang penulis bernama Rhun (diperankan Nicholas) yang jatuh cinta dengan salah satu pembaca novel buatannya. Keterpikatan Rhun terhadap orang tersebut membawanya dalam misteri tak terduga.

Baca juga: Jajal Fitur Kamera Oppo Find X5 Pro 5G, Renatta Moeloek Dibuat Terpukau

Selain dari jalan cerita, beber Riri, film pendek tersebut punya keunikan lain, yakni direkam secara keseluruhan menggunakan smartphone, yakni Oppo Find X5 Pro 5G.

Riri bercerita, Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu merupakan film keduanya yang direkam keseluruhan menggunakan smartphone. Sebelumnya, ia pernah membuat film pendek You and Me in Low Angle yang direkam menggunakan Oppo Find X3 Pro.

Pada proses syuting, kisah Riri, Oppo Find X5 Pro 5G memungkinkan dirinya mengeksplorasi berbagai teknik pengambilan gambar. Pasalnya, genre romansa misteri yang diangkat dalam film mengharuskan pengambilan gambar yang minim cahaya untuk menggambarkan suasana.

“Tone warna gelap kerap menjadi kendala dalam menampilkan emosi pemain. Akan tetapi, kendala tersebut dapat teratasi dengan kecanggihan Oppo Find X5 Pro 5G. Ini memungkinkan saya mendapatkan hasil gambar yang memberikan sentuhan emosi dalam film ini,” ujar Riri.

Aktor Nicholas Saputra yang membintangi film Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas LaluDok. Oppo Aktor Nicholas Saputra yang membintangi film Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu

Nicholas pun mengamini pengakuan Riri. Ia mengakui, proses syuting cukup menantang karena dilakukan dalam kondisi minim cahaya. Akan tetapi, hal tersebut dapat teratasi berkat inovasi teknologi yang dihadirkan pada Oppo Find X5 Pro 5G.

“Setelah melihat hasilnya, saya kagum karena hasil gambarnya setara dengan kamera profesional,” ujar Nicholas.

Baca juga: Gandeng Nicholas Saputra, Agan Harahap Bikin Film Pendek Keren Bahas Spesifikasi Oppo Find X5 Pro 5G

Terkait peran sebagai Rhun, Nicholas mengaku cukup tertantang. Ia harus bisa membangun karakter Rhun dan suasana misteri pada set yang sederhana.

Oleh karena itu, selama proses syuting, ia banyak berdiskusi dengan Riri terkait pendalaman karakter agar bisa membawakan karakter Rhun di depan kamera dengan sempurna.

Oppo beri kebebasan berekspresi

Dari sisi produksi, Mira ikut angkat suara tentang keterlibatan Oppo yang membebaskan tim produksi film untuk merancang ide cerita. Menurutnya, hal ini membuat proses produksi menjadi menyenangkan. Tim pun tidak terbebani oleh kru ataupun bujet karena sepenuhnya didukung oleh Oppo.

“Ditambah lagi, kemajuan teknologi saat ini yang tecermin lewat Oppo Find X5 Pro 5G memungkinkan siapa saja dapat membuat film dengan smartphone. Hal ini juga memudahkan para sineas muda dalam pengambilan gambar untuk karya-karya film mereka,” ujar Mira.

Oppo Find X5 Pro 5G.Dok. Oppo Oppo Find X5 Pro 5G.

Chief Marketing Officer Oppo Indonesia Patrick Owen mengatakan, pihaknya sangat bangga bisa berkolaborasi dengan Riri Riza. Kolaborasi ini dilakukan pihaknya sebagai bentuk dukungan Oppo terhadap industri kreatif di Tanah Air, termasuk industri perfilman.

Patrick mengatakan, teknologi yang tersemat pada Oppo Find X5 Pro 5 memang didesain untuk dapat mendukung proses produksi industri kreatif, termasuk sinematik.

Pasalnya, Oppo Find X5 Pro 5G sebagai smartphone flagship didukung oleh chipset neural processing unit (NPU) Marisilicon X. Teknologi ini dirancang dan dikembangkan Oppo khusus untuk menghasilkan citra terbaik pada gambar.

Smartphone tersebut juga memiliki Ultra Night Video berkualitas 4K yang dimaksimalkan dengan artificial intelligence noise reduction (AINR) dan 3D Noise Reduction (3DNR). Kombinasi ini mampu memaksimalkan detail dan rentang dinamis video sehingga gambar dihasilkan mampu merepresentasikan gerakan dengan lebih baik,” ujar Patrick.

Baca juga: Ini Alasan Oppo Find X5 Pro 5G Disebut sebagai Smartphone Gahar di Kelasnya

Senjata utama Oppo X5 Pro 5G dalam proses sinematik, sambungnya, terletak pada dual flagship camera yang meliputi kamera utama dan kamera ultra-wide. Kamera ini memiliki sensor Sony IMX766 beresolusi 50 megapiksel (MP).

Oppo Find X5 Pro 5G.Dok. Oppo Oppo Find X5 Pro 5G.

Kedua kamera unggulan tersebut didesain menggunakan lensa berbahan kaca sehingga mengurangi penyimpangan hingga 77 persen ketimbang lensa berbahan plastik. Dengan demikian, akurasi warna yang dihasilkan kamera lebih tinggi ketimbang kamera smartphone lain.

“Dengan beragam keunggulan tersebut, kami berharap, makin banyak film berkualitas dapat dihasilkan dengan smartphone. Kami percaya, kreativitas tidak memiliki batas dan teknologi mampu menjadi bagian dari hasil karya yang berkualitas,” ujar Patrick.

Sebagai informasi, film pendek Kau, Rabu, dan Perkara2 Sepintas Lalu dapat disaksikan mulai Kamis (6/10/2022) di kanal YouTube Oppo Indonesia. Ketuk tautan ini untuk mulai menonton film. 

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com