Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu APN? Mengenal Fungsi dan Cara Mengaturnya di Ponsel

Kompas.com - 06/10/2022, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Mengakses internet di ponsel lewat jaringan seluler, erat kaitanya dengan Access Point Name (Nama Titik Akses) atau disingkat APN. Selain butuh kuota data, pengaturan APN kadang kala juga diperlukan supaya ponsel bisa mengakses internet.

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah APN. Kendati mungkin tak asing lagi, namun tahukah sebenarnya apa itu APN? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan soal pengertian APN, fungsi, dan cara mengaturnya di ponsel.

Baca juga: Apa Itu ISP? Mengenal Fungsi, Jenis, serta Contohnya

Pengertian dan fungsi APN

APN adalah sistem gateway (gerbang) atau sistem pengaturan nama koneksi untuk menghubungkan jaringan seluler operator dengan beberapa jaringan lain, termasuk jaringan internet dan MMS (Multimedia Messaging Service).

Dengan pengertian APN seperti itu, fungsi APN adalah untuk membuat ponsel bisa terhubung dengan jaringan internet atau semacamnya, sesuai dengan jenis operator seluler yang dipakai.

Dikutip dari Android Central, saat pengaturan APN ditambahkan di ponsel, operator seluler kemudian akan membacanya untuk menghasilkan alamat IP, menghubungkan ke jalur jaringan internet yang aman, dan menghubungkan ke jaringan pribadi bila diperlukan.

Pengaturan APN biasanya berjalan secara otomatis ketika ponsel telah terhubung dengan jaringan seluler dari operator. Namun, tak jarang juga, APN perlu untuk diatur secara manual. Lantas, bagaimana cara setting APN? Begini penjelasannya.

Cara setting APN

Tiap operator seluler umumnya punya APN atau sistem pengaturan nama koneksi yang berbeda-beda. Misalnya, nama APN untuk operator seluler Telkomsel adalah “internet”. Sedangkan APN dari Tri, namanya adalah “3data”.

Baca juga: Apa itu DNS? Mengenal Fungsi dan Cara Kerjanya

Untuk mengatur atau setting APN jaringan seluler, caranya juga berbeda-beda di tiap ponsel. Adapun cara setting APN secara garis besar di ponsel berbasis Android dan iOS adalah sebagai berikut:

Setting APN di Android

  • Buka menu pengaturan ponsel.
  • Lalu, pilih menu bertajuk “Seluler”, “Koneksi”, atau “Kartu SIM”.
  • Pilih operator seluler yang sedang dipakai.
  • Masukkan nama APN dari operator seluler yang dipakai.

Setting APN di iOS

  • Buka menu “Settings”
  • Lalu, pilih menu “Seluler” dan klik opsi “Jaringan data seluler.
  • Masukkan nama APN dari operator seluler yang dipakai.

Sebagai informasi tambahan, saat mengatur APN di ponsel, terdapat pula kolom pengisian username dan password. Namun, dua kolom tersebut umumnya dikosongi, jadi hanya perlu mengisi nama APN. Itulah cara setting APN di ponsel.

Baca juga: Apa Itu Domain? Mengenal Fungsi serta Jenisnya

Demikianlah penjelasan seputar apa itu APN, berikut dengan fungsi dan cara mengaturnya di ponsel, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com