Kompas.com - 06/10/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Blizzard Entertainment resmi meluncurkan game first-person shooter (FPS) Overwatch 2 pada Selasa (4/10/2022) lalu. Sejak peluncuran perdananya, Overwatch 2 sudah diserbu oleh banyak pemain.

Tercatat ada sekitar 10.000 pemain yang harus rela mengantre untuk bisa mengakses dan memainkan game.

Sejumlah pemain mengaku mengalami sejumlah gangguan mulai dari lenyapnya sejumlah aspek pada kosmetik/skin, hilangnya riwayat pertandingan, hingga adanya bug yang memengaruhi kamera di dalam game.

Deretan gangguan di atas lumrah terjadi pada game yang baru dirilis, terutama ketika game tersebut dibanjiri oleh pemain yang ingin masuk ke dalam game di waktu yang bersamaan.

Baca juga: Game Overwatch 2 Resmi Meluncur, Bisa Di-download Gratis di Konsol dan PC

Kendati demikian, ada masalah lain yang menyebabkan Overwatch 2 menjadi tidak dapat diakses oleh pemain. Blizzard President Mike Ybarra mengaku Overwatch 2 mengalami serangan siber Distributed Denial-of-Service (DDoS) yang cukup masif.

Melalui sebuah twit yang diiunggah melalui akun Twitter miliknya, Ybrra mengatakan serangan yang ditargetkan ke server game Overwatch 2 itu telah mengakibatkan kendala pada koneksi game.

"Sayangnya kami mengalami serangan DDoS massal di server kami. Tim bekerja keras untuk mengurangi/mengelola (gangguan ini). Hal ini menyebabkan banyak masalah drop/koneksi," tulis Ybrarra.

DDoS sendiri merupakan serangan paket data dalam jumlah besar ke sebuah server. Masifnya jumlah paket data yang diterima dalam waktu bersamaan bisa mengakibatkan server melambat, bahkan tumbang.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, Blizzard Entertainment akhirnya mengumumkan pernyataan resmi terkait gangguan yang dihadapi pada game Overwatch 2.

Baca juga: Amazon Ungkap Rekor Baru Serangan DDoS

Pengembang game yang berbasis di California itu menyampaikan bahwa pihaknya tengah berupaya keras untuk memperbaiki masalah terkait antrean login, server yang down, serta gangguan stabilitas di dalam game.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.