Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Pixel 7 dan 7 Pro Meluncur dengan Android 13 dan Chip Tensor G2

Kompas.com - 07/10/2022, 07:45 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Setelah dipamerkan dalam konferensi tahunan Google I/O pada Mei lalu, smartphone Pixel 7 dan Pixel 7 Pro resmi dirilis dalam acara bertajuk "MadeByGoogle", Kamis (6/10/2022) waktu Amerika Serikat.

Kedua ponsel ini merupakan penerus dari ponsel Pixel 6 dan Pixel 6 Pro yang dirilis tahun lalu.

Sebagai suksesor, Pixel 7 dan Pixel 7 Pro kini ditenagai chipset generasi terbaru besutan Google, yakni Google Tensor G2. Kedua ponsel ini juga sudah menjalankan sistem operasi Android 13 terbaru secara bawaan.

Chip Google Tensor G2 dibangun dengan fabrikasi 4nm. Google menyebut Tensor Processing Unit (TPU) pada chip Tensor G2 dapat melakukan pemrosesan Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) 60 persen lebih cepat dan 20 persen lebih efisien dibanding chip Tensor Google yang disematkan di Pixel 6 series.

Chip Tensor G2 juga diklaim meningkatkan fitur fotografi pada ponsel Google Pixel 7 series, khususnya fitur "Photo Unblur".

Fitur itu menggunakan pemrosesan AI yang lebih canggih untuk menghilangkan keburaman dan noise dari foto-foto lawas yang diambil bertahun-tahun lalu dengan ponsel lama apa pun.

Chip Tensor G2 memiliki kartu grafis (GPU) Mali-G710 MC10, yang disebut dapat meningkatkan pemrosesan ML sebesar 35 persen dibanding GPU Mali-G78 MP20 di chip Tensor tahun lalu.

Baca juga: IDC: Pasar Smartphone Indonesia Masih Lesu di Pertengahan Tahun 2022

Modul kamera belakang baru

Selain menyematkan chip generasi baru, Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro datang desain yang lebih segar dibanding pendahulunya.

Sebab, Google merombak modul kamera belakang pada ponsel teranyarnya itu.

Keduanya masih modul kamera berbentuk persegi panjang, yang membentang secara horizontal dari ujung ke ujung di sisi atas punggung ponsel.

Perbedaannya, modul kamera itu tampak memiliki sisi-sisi yang lebih membulat dan memiliki warna yang menyesuaikan dengan warna bodi ponsel. Sebelumnya, modul kamera di Pixel 6 series seluruhnya berwarna hitam.

Karena warna modul menyesuaikan wwarna bodi, pengguna dapat melihat lensa kamera dalam bentuk pil (oval) yang menampung dua kamera belakang pada Google Pixel 7 "reguler".

Sedangkan Google Pixel 7 Pro memiliki lensa kamera pil sekaligus lingkaran yang menampung tiga kamera belakang.

Spesifikasi Google Pixel 7 Pro

Varian warna Pixel 7 Pro adalah Obsidian, Hazel, dan Snow.GSMArena Varian warna Pixel 7 Pro adalah Obsidian, Hazel, dan Snow.
Di antara keduanya, Google Pixel 7 Pro diposisikan sebagai model paling atas karena dibekali dengan sejumlah spesifikasi lebih mumpuni.

Untuk spesifikasi layarnya, Pixel 7 Pro mengusung panel AMOLED 6,71 inci dengan resolusi Quad HD Plus (1.440 x 3.120 piksel), refresh rate 10-120 Hz, serta tingkat kecerahan layar maksimum 1.500 nit.

Halaman:
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com