Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Website Sound of Text yang Ramai Dicari Pengguna WA?

Kompas.com - 07/10/2022, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Di halaman pencarian Google, tampak cukup banyak pengguna yang mencari website Sound of Text. Pencarian tersebut erat kaitannya dengan aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA.

Pengguna umumnya mencari dengan kata kunci seperti ini “Sound of Text WA”. Kendati cukup banyak dicari, namun tahukah sebenarnya apa itu Sound of Text? Lalu, kenapa kerap dikaitkan dengan WhatsApp oleh pengguna?

Baca juga: Trik Bikin Chat Jadi Stiker WA Tanpa Aplikasi Tambahan, Sudah Coba?

Bila tertarik untuk memahami lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai apa itu Sound of Text dan cara menggunakannya.

Apa itu Sound of Text?

Sound of Text adalah website dengan layanan untuk mengonversi atau mengubah data teks menjadi audio. Konversi teks menjadi audio atau suara itu menjadi salah satu kelebihan situs Sound of Text yang ditawarkan.

Beralamatkan di “Soundoftext.com”, website ini memungkinkan pengguna untuk menulis teks dengan panjang kurang lebih 200 karakter. Setelah teks ditulis, Sound of Text bakal mengonversinya menjadi audio.

Konversi teks jadi audio dari Sound of Text itu dibuat menggunakan teknologi pembelajaran mesin (machine learning). Sound of Text menyediakan lebih dari 30 pilihan bahasa, termasuk bahasa Indonesia, yang dapat dipakai sebagai pelafal teks dalam audio.

Untuk audio yang dihasilkan, bisa dibilang punya karakter suara yang cukup unik. Di Sound of Text, teks bakal dikonversi ke audio berkarakter suara Google yang familier, terdengar datar dan kaku seperti robot.

Dengan layanan konversi teks ke audio seperti ini, lantas apakah Sound of Text berbayar? Layanan situs Sound of Text tidaklah berbayar alias gratis. Selain itu, tak ada batasan jumlah audio dari teks yang bisa dibuat di situs ini.

Setelah audio dibuat, pengguna dapat mengunduhnya secara gratis. Audio dari teks yang diunduh tersebut memiliki format MP3. Dari audio itulah, pengguna kerap memanfaatkannya untuk dipakai jadi nada dering WA.

Dengan Sound of Text, pengguna WA bisa membuat nada dering unik yang melafalkan teks tertentu. Lantas, bagaimana cara menggunakan Sound of Text untuk bikin nada dering WA? Penjelasan caranya bisa dilihat di bawah ini.

Baca juga: 5 Cara Bikin Tulisan Keren di WhatsApp Selain Tebal, Miring, dan Dicoret

Cara menggunakan Sound of Text untuk bikin nada dering WA

Membuat audio dari teks di Sound of Text

  • Kunjungi situs web ini https://soundoftext.com/ lewat browser ponsel.
  • Selanjutnya, masukkan teks di kolom yang tersedia sesuai dengan keinginan.
  • Pilih suara dengan bahasa Indonesia dan klik opsi “Submit”.
  • Tunggu beberapa saat hingga situs web berhasil mengonversi teks jadi audio.
  • Bila telah berhasil dikonversi, file audio dapat diunduh dengan klik opsi “Download”.

Ilustrasi cara membuat dan mengunduh audio dari teks di Sound of Text untuk jadi nada dering WA.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat dan mengunduh audio dari teks di Sound of Text untuk jadi nada dering WA.

Mengganti nada dering WA dengan audio dari Sound of Text

  • Audio dari Sound of Text bakal masuk di folder unduhan ponsel, biasanya dapat diakses pada aplikasi File Manager.
  • Untuk mengganti nada dering WhatsApp dengan audio yang bersumber dari unduhan, biasanya tiap ponsel bakal memiliki cara yang berbeda-beda.
  • Misalnya, bila di ponsel Xiaomi, mengganti nada dering WhatsApp dengan audio yang bersumber dari unduhan, caranya bisa dengan mengakses menu pengaturan.
  • Selanjutnya, pilih menu pengaturan “Notifikasi & Pusat Kontrol” dan klik opsi “Notifikasi apliakasi”.
  • Kemudian, pilih aplikasi WhatsApp dan klik opsi “Notifikasi”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Suara” dan klik “nada dering lokal”.
  • Selanjutnya, buka opsi “File Manager” dan pilih audio yang tadi telah diunduh. Terakhir, klik opsi “Terapkan” dan nada dering WA kini telah menggunakan audio bersuara unik dari Sound of Text.

Ilustrasi cara ganti nada dering WhatsApp dengan audio dari Sound of Text.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara ganti nada dering WhatsApp dengan audio dari Sound of Text.

Baca juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Foto WA Tidak Tersimpan di Galeri HP

Sebagai informasi tambahan, cara di atas sendiri dijajal pada ponsel Xiaomi dengan versi Android 10 dan MIUI 12.5. Beda wadah untuk mengakses, mungkin bakal beda pula letak opsi dan langkah-langkahnya.

Demikianlah penjelasan seputar apa itu Sound of Text yang ramai dicari pengguna WA, berikut dengan cara menggunakannya, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com