Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Setting APN Indosat dengan Mudah buat Akses Internet di HP

Kompas.com - 08/10/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Setiap operator seluler, termasuk Indosat, umumnya punya pengaturan APN (Access Point Name). Untuk diketahui, APN adalah sistem pengaturan nama titik koneksi yang berfungsi menghubungkan jaringan seluler di handphone (HP) dengan jaringan internet.

Selain harus memiliki kuota data yang cukup, supaya bisa mengakses internet menggunakan jaringan seluler, pengguna juga perlu menambahkan pengaturan APN Indosat di HP terlebih dahulu.

Baca juga: 2 Cara Cek Nomor Indosat dengan Mudah via Kode UMB dan Aplikasi MyIM3

Biasanya, APN Indosat ditambahkan secara otomatis saat HP terhubung dengan jaringan seluler. Namun, di beberapa HP, pengguna kadang kala perlu untuk menambahkan secara manual pengaturan atau setting APN dari jaringan Indosat.

Bila belum ditambahkan, pengguna mungkin akan kesulitan saat hendak mengakses internet di HP menggunakan jaringan seluler Indosat. Oleh karena itu, pengguna bisa setting APN Indosat sendiri di HP.

Lantas, bagaimana cara setting APN Indosat di HP? Untuk setting APN Indosat, caranya bisa berbeda-beda antar HP. Adapun cara setting APN Indosat di HP Android dan iPhone secara garis besar adalah sebagai berikut.

Cara setting APN Indosat

Setting APN Indosat di Android

  • Buka menu “Settings” atau “Pengaturan”
  • Selanjutnya, buka menu pengaturan yang bertajuk semacam ini “Jaringan Seluler” atau “Mobile Network Settings”.
  • Kemudian, pilih jaringan seluler Indosat yang tengah digunakan saat ini dan klik opsi “APN”.
  • Ketik kode APN Indosat ini “Indosatgprs” (tanpa tanda kutip) di kolom yang tersedia. Kosongkan kolom password dan username dalam pengaturan APN.

Setting APN Indosat di iPhone

  • Buka menu “Settings”
  • Pilih menu pengaturan “Seluler” dan klik opsi “Jaringan Data Seluler”.
  • Setelah itu, bakal muncul halaman formulir pengaturan APN.
  • Ketik kode APN Indosat ini “Indosatgprs” (tanpa tanda kutip) di kolom yang tersedia. Kolom password dan username yang terdapat di halaman formulir pengaturan APN itu, tidak perlu diisi.

Setelah mengisi nama APN, baik di HP Android maupun iPhone, jangan lupa untuk menyimpan pengaturan tersebut. Kini, APN Indosat berhasil ditambahkan di HP dan bisa dicoba untuk mengakses internet.

Sebagai informasi tambahan, selain Indosat, APN juga tersedia pada operator-operator lain. Namun, tiap operator memiliki pengaturan nama APN yang berbeda-beda. Misalnya, APN Tri adalah “3data”. Sedangkan APN Telkomsel, yakni “Internet”.

Baca juga: Cara Cek Umur Kartu Indosat via Kode UMB dengan Mudah

Cukup mudah bukan cara setting APN Indosat? Demikianlah penjelasan seputar cara setting APN Indosat dengan mudah supaya bisa mengakses internet di HP, sebagaimana dilansir laman resmi Indosat, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.