Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Sistem Operasi dan Aplikasi Komputer yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 08/10/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagaimana cukup banyak diketahui, komputer dapat bekerja tidak hanya ditopang oleh perangkat keras (hardware), melainkan juga membutuhkan perangkat lunak (software). Baik hardware maupun software komputer, terdiri dari berbagai macam.

Untuk software komputer, secara garis besar terbagi menjadi dua macam, yakni sistem operasi dan aplikasi. Dua software tersebut tak pernah absen di sebuah komputer. Tanpa keduanya, komputer hampir pasti tidak bakal dapat dioperasikan.

Baca juga: Apa Itu Linux? Mengenal Fungsi, Sejarah, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Kendati keduanya sama-sama software, namun sistem operasi dan aplikasi punya fungsi yang berbeda untuk menjalankan komputer. Lantas, apa saja perbedaan sistem operasi dan aplikasi? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan sistem operasi dan aplikasi

Sistem operasi

Sistem operasi adalah program perangkat lunak yang bekerja untuk menghubungkan antara pengguna dengan komponen komputer, baik hardware maupun software. Fungsi sistem operasi bisa dikatakan seperti sebuah jembatan.

Sistem operasi akan menerima dan menerjemahkan perintah dari pengguna di software. Lalu, perintah tersebut diteruskan ke hardware untuk menjadi sebuah output tindakan. Contoh sederhananya, bisa dilihat lewat proses pemutaran audio di komputer.

Jadi, saat pengguna menekan tombol Play pada software untuk audio di komputer, sistem operasi akan menerjemahkan perintah itu dan mengirim ke hardware untuk diproses. Alhasil, hardware bisa mengeluarkan suara sesuai dengan data audio yang diputar.

Selain itu, dikutip dari Geeks for Geeks, beberapa tugas sistem operasi juga meliputi pengelolaan memori komputer, pembuatan dan penghapusan file, serta mencegah akses yang tidak sah atas sumber daya informasi atau data di komputer.

Adapun contoh sistem operasi komputer yang cukup populer adalah MacOS, Windows OS dan Linux. Dari contoh-contoh tersebut, mungkin tak asing lagi apa yang dimaksud dengan sistem operasi.

Baca juga: Apa itu DNS? Mengenal Fungsi dan Cara Kerjanya

Sementara itu, bila sistem operasi adalah penghubung antara pengguna dengan hardware dan software komputer, lantas apa yang dimaksud dengan aplikasi? Penjelasannya bisa dilihat di bawah ini.

Aplikasi

Aplikasi adalah program perangkat lunak yang bekerja untuk mewadahi perintah atau tindakan khusus yang diberikan pengguna. Untuk fungsi aplikasi sendiri, yakni sebagai alat menyelesaikan pekerjaan pengguna di komputer.

Dalam hal menyelesaikan pekerjaan pengguna, aplikasi membutuhkan sistem operasi. Tanpa sistem operasi di komputer, aplikasi tak bakal bisa berjalan dan dipakai buat menyelesaikan tugas pengguna.

Pekerjaan pengguna yang bisa diselesaikan di aplikasi bermacam-macam, mulai dari mengolah data angka, mengolah teks, mengedit video, dan sebagainya. Tiap aplikasi umumnya dibuat untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang spesifik.

Misalnya, untuk menyelesaikan tugas mengolah data angka, terdapat aplikasi Microsoft Excel. Kemudian, untuk mengedit video, terdapat beberapa contoh aplikasi yang tersedia, seperti Adobe Premiere, Final Cut Pro, dan lainnya.

Berdasar penjelasan di atas, dapat diketahui perbedaan sistem operasi dan aplikasi komputer. Perbedaan yang pertama terletak di segi cara kerja. Sistem operasi bekerja untuk menghubungkan antara pengguna dengan hardware dan software.

Sedangkan aplikasi, bekerja untuk mewadahi tindakan khusus yang diberikan pengguna. Kemudian, perbedaan sistem operasi dan aplikasi juga dapat dilihat lewat fungsinya. Adapun fungsi sistem operasi adalah sebagai pengelola sumber daya komputer.

Baca juga: Kilas Balik Perjalanan Internet Explorer Sebelum Akhirnya “Disuntik Mati”

Aplikasi tidak memiliki fungsi sekompleks sistem operasi. Fungsi aplikasi hanya untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan spesifik dari pengguna. Demikianlah penjelasan seputar perbedaan sistem operasi dan aplikasi komputer, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com