Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Sembunyikan Status Online WA agar Bisa Dilihat Teman Dekat Saja

Kompas.com - 09/10/2022, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apakah status online WhatsApp bisa disembunyikan? Fitur dari aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA, kini telah diperbarui, salah satunya memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan tanda atau status “online”.

Sebagaimana umum diketahui, status online WA biasa muncul di bagian atas ruang obrolan, tepat di bawah nama pengguna. Fungsi status online WA adalah sebagai penanda bahwa pengguna sedang aktif.

Baca juga: 5 Cara Bikin Tulisan Keren di WhatsApp Selain Tebal, Miring, dan Dicoret

Lewat versi aplikasi WhatsApp terbaru, status online tersebut bisa disembunyikan, meski pengguna tengah aktif. Fitur menyembunyikan status online WA bisa dikatakan cukup berguna untuk menjaga privasi pengguna.

Bagi sebagian pengguna, mungkin risih bila status online WA dapat dilihat oleh orang lain yang tak dikenalnya. Dengan fitur terbaru ini, pengguna dapat mengatur status online WA agar hanya bisa dilihat oleh teman-teman dekat.

Lantas, bagaimana menghilangkan tanda online di WA supaya tak bisa dilihat semua orang? Langkah awal yang perlu dilakukan adalah pastikan telah memiliki versi aplikasi WhatsApp terbaru di handphone (HP), baik di HP Android maupun iPhone.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur menyembunyikan status online WA bisa didapatkan pada versi aplikasi WhatsApp 2.22.20.79 di HP Android. Sedangkan di iPhone, fitur ini bisa diakses lewat versi aplikasi WhatsApp 22.20.75.

Untuk memperbarui versi aplikasi WhatsApp, silakan kunjungi toko aplikasi Google Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk iPhone). Setelah memilikinya, berikut adalah cara menyembunyikan status online WA agar bisa dilihat teman dekat saja.

Baca juga: Trik Bikin Chat Jadi Stiker WA Tanpa Aplikasi Tambahan, Sudah Coba?

Cara menyembunyikan status online WA

  • Buka menu pengaturan di aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya, pilih menu “Akun” dan klik opsi “Privasi”.
  • Kemudian, klik opsi “Terakhir Dilihat & Online”.
  • Di kolom “Siapa yang Dapat Melihat Ketika Saya Online”, centang opsi “Sama Seperti Status Terakhir Dilihat”.
  • Ketuk opsi “Kontak Saya, Kecuali” pada kolom pengaturan visibilitas status terakhir dilihat.
  • Atur dan pilih beberapa kontak asing atau kurang dikenal supaya tak bisa melihat status online WA.
  • Terakhir, klik opsi “Selesai” dan kini status online WA hanya bisa dilihat oleh teman dekat saja.

Ilustrasi cara menyembunyikan status online WA agar dilihat oleh teman dekat saja.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menyembunyikan status online WA agar dilihat oleh teman dekat saja.

Baca juga: Apa itu Website Sound of Text yang Ramai Dicari Pengguna WA?

Cukup mudah bukan buat menyembunyikan status online WA? Demikianlah penjelasan seputar cara menyembunyikan status online WA dengan mudah, agar bisa dilihat teman dekat saja, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com