Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Keluar Grup WA Diam-diam di HP Android dan iPhone, Sudah Coba?

Kompas.com - 09/10/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Apakah bisa keluar grup WhatsApp diam-diam? Setelah dinanti-nanti, akhirnya dirilis juga fitur WhatsApp atau biasa disingkat WA, yang memungkinkan pengguna buat keluar atau left grup secara diam-diam, tanpa diketahui oleh anggota lainnya.

Fitur keluar grup WA diam-diam sejatinya telah diumumkan Meta (Induk perusahaan WhatsApp) sejak awal Agustus lalu. Namun, fitur tersebut baru ditambahkan ke aplikasi WhatsApp di handphone (HP) pada sekitar akhir September.

Baca juga: Apa itu Website Sound of Text yang Ramai Dicari Pengguna WA?

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur keluar grup WA diam-diam hadir lebih awal di HP Android, sekitar 30 September, lewat versi aplikasi WhatsApp 2.22.20.79. Kemudian, pada 4 Oktober, fitur tersebut tiba di iPhone lewat versi aplikasi WhatsApp 22.20.75.

Lantas, bagaimana cara keluar grup WA tanpa ketahuan? Langkah awal yang perlu dilakukan sebelum menjajal fitur ini adalah pastikan telah memiliki versi aplikasi WhatsApp terbaru di masing-masing HP, baik di iPhone maupun HP Android.

Untuk memperbarui atau update versi aplikasi WhatsApp, silakan buka toko aplikasi Google Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk iPhone). Selanjutnya, berikut adalah penjelasan cara keluar grup WA tanpa ketahuan di HP Android dan iPhone.

Cara keluar grup WA tanpa ketahuan

  • Buka ruang obrolan grup WA.
  • Klik nama grup yang tertera di bagian atas ruang obrolan.
  • Setelah halaman profil grup WA terbuka, gulir ke bawah dan klik opsi “Keluar dari Grup” atau “Exit Group”.
  • Selesai mengetuk opsi “Keluar dari Grup”, pengguna bakal keluar dari grup WA tersebut tanpa ada pemberitahuan ke anggota lainnya.

Ilustrasi cara keluar grup WA diam-diam. Pemberitahuan keluar grup tidak muncul di anggota biasa (tengah). Namun, tetap muncul di admin (pojok kanan).KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara keluar grup WA diam-diam. Pemberitahuan keluar grup tidak muncul di anggota biasa (tengah). Namun, tetap muncul di admin (pojok kanan).

Untuk diketahui, sebelum fitur ini dirilis, saat pengguna keluar dari grup WA, anggota lain bakal memperoleh pemberitahuan seperti ini “ABC left” atau “ABC keluar”, yang muncul di ruang obrolan.

Baca juga: 5 Cara Bikin Tulisan Keren di WhatsApp Selain Tebal, Miring, dan Dicoret

Pemberitahuan tersebut tidak akan ditampilkan pada anggota lain di grup versi aplikasi WhatsApp terbaru. Sehingga, pengguna bisa keluar grup WA diam-diam, tanpa ketahuan anggota lain.

Kendati pemberitahuan keluar grup WA tidak ditampilkan ke anggota lain, namun admin grup masih bisa melihatnya di ruang obrolan. Jadi, admin grup WA tetap diberi pemberitahuan bila anggotanya ada yang keluar.

Dengan pemberitahuan yang muncul pada admin grup WA, artinya pengguna tidak benar-benar keluar grup tanpa diketahui siapa pun. Bahkan, riwayat aktivitas keluar grup
juga masih bisa dilihat oleh oleh anggota lain, bukan hanya admin.

Anggota lain dapat melihat siapa saja yang telah keluar dari grup WA lewat opsi baru “View Past Participants” atau “Lihat Peserta Sebelumnya. Di opsi itulah, anggota lain juga bisa melihat kapan peserta keluar dari grup WA.

Ilustrasi cara mengetahui siapa saja yang keluar dari grup WA.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengetahui siapa saja yang keluar dari grup WA.

Baca juga: Trik Bikin Chat Jadi Stiker WA Tanpa Aplikasi Tambahan, Sudah Coba?

Opsi “View Past Participants” menyajikan informasi anggota yang meninggalkan grup (keluar sendiri atau dikeluarkan) dalam kurun waktu 60 hari terakhir. Untuk mengaksesnya, cukup buka halaman profil grup dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi tersebut.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara keluar grup WA tanpa ketahuan di HP Android dan iPhone, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.